Zumi Zola 'Ngamuk' di Rumah Sakit, Ini Reaksi Anggota DPR

Zumi Zola
Sumber :
  • instagram.com/zumizolazulkifliforjambi

VIVA.co.id – Video Gubernur Jambi Zumi Zola yang marah-marah saat inspeksi mendadak di Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi beredar di situs berbagi video YouTube.

4 Perceraian Artis Terheboh di 2020, Nomor 3 Paling Gak Disangka

Anggota Komisi II DPR RI, Arteria Dahlan menilai, apa yang dilakukan Zumi itu bisa jadi preseden buruk. "Pendapat saya sangat kurang pas seorang Gubernur Jambi Zumi Zola bersikap seperti itu, ini preseden buruk. Saya juga tidak tahu maksud tujuan dan efektifitasnya sejauh mana," kata Arteria di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu, 21 Januari 2017.

Arteria mengingatkan, sebagai gubernur, Zumi punya alat kelengkapan dan juga kewenangan yang membuat dirinya bisa melakukan upaya korektif. Termasuk juga upaya yang lebih efektif.

Ngumpulin Emak-emak, Ibu Tiri Zumi Zola Dilaporkan ke Bawaslu Jambi

"Beliau bisa panggil, tegur dan mengganti kepala rumah sakit. Beliau bisa perintahkan inspektorat untuk lakukan pengawasan. Penyimpangan pidana bisa minta bantuan Polda dan Kejaksaan. Bisa menggandeng Ombudsman Jambi untuk lakukan pengawasan dan lain-lain," ujarnya menambahkan.

Zumi diminta tidak hanya menyalahkan pegawai yang mengikuti atasan. Arteria juga meminta Zumi melihat akar masalah dari lingkungan aparatur negara, termasuk para pegawai di rumah sakit umum daerah.

Ibu Tiri Zumi Zola Jadi Cawagub Jambi, Programnya Turun Lapangan

"Belum lagi kalau kita bicara mafia aparatur, jangan-jangan proses rekrutmen di RSUD bermasalah dan tidak meet sistem dan bertendensi KKN. Belum bicara fasilitas standar pelayanan bagi aparatur dan lain-lain," ujar anggota dewan asal PDI Perjuangan tersebut.

Sebelumnya, dalam video itu tampak Zumi memasuki sebuah ruangan. Lantas terdengar seperti suara benda terjatuh diikuti suara Zumi menghardik orang-orang yang ada di ruangan tersebut yang diperkirakan dokter dan perawat jaga. "Bangun, kerja apa kalian kayak gini," ujar Zumi. 

Zumi lalu meminta mereka untuk berdiri di dekat sebuah meja panjang. Di sana, Zumi memarahi sekitar empat orang dari pihak rumah sakit. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya