Ketika Obrolan Toilet Jadi Perhatian di Pelantikan PAN

Gubernur Jawa Timur Soekarwo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA.co.id – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan wakilnya Saifullah Yusuf menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Timur dan DPD PAN se-Jawa Timur, di Hall Grand City Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 22 Januari 2017. 

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Pelantikan PAN Jawa Timur (Jatim) juga dihadiri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan politikus artis dari PAN, di antaranya, Eko Patrio dan Anang Hermansyah. 

Di sela-sela acara, Zulkifli keluar dari arena pelantikan. Dia pamit untuk buang air kecil ke toilet yang berada di samping luar ruang acara.  Zulkifli keluar bersama beberapa panitia. Di belakangnya, Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, menguntit.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Melewati kerumunan wartawan yang duduk-duduk di lantai luar ruangan, Gus Ipul mengumbar senyum. Seperti biasa, salah satu ketua PBNU itu lalu membanyol ke awak media. "Ini saya antar Pak Zulkifli. Saya kawal dia ke toilet," katanya. Zulkifli hanya membalas dengan senyuman.

Di dalam ruang acara, Ketua DPW PAN Masfuk, tengah memberikan sambutan. Dia lantas menyinggung peristiwa Gus Ipul mengantar Zulkifli ke dalam toilet itu. "Tak lupa kepada Gus Ipul yang tadi mengantarkan Ketum (Zulkifli Hasan) untuk ke kamar kecil. Terima kasih, Gus," ujar mantan Bupati Lamongan, Jawa Timur, itu.

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

Ketika tiba saatnya Pakde Karwo, sapaan Sukarwo, memberikan sambutan, soal  Zulkifli-Gus Ipul ke toilet kembali diulas. Dia membahasakan rasa penasarannya tentang obrolan apa yang terjalin antara Zulkifli dan Gus Ipul di dalam toilet. "Saya tidak tahu yang disampaikan di toilet apa. Tapi kata Pak Masfuk, ke toiletnya kok lama," katanya disambut tawa hadirin.

Peristiwa toilet itu langsung dilekatkan hadirin dengan isu seputar Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Diketahui, Gus Ipul adalah satu di antara beberapa nama yang gencar dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai Gubernur Jatim pada 2018 nanti. Pendekatan kepada sejumlah partai politik sudah mulai dia lancarkan.

Zulkifli mengatakan, Pilgub Jatim menjadi perhatian PAN. Tiga nama dilirik dan tengah di timbang-timbang oleh partai berlambang matahari putih memancar itu. Ketiganya yakni,  Khofifah Indar Parawansa, Gus Ipul, dan Tri Rismaharini atau Risma. Sementara dari internal PAN, dia menggadang-gadang nama Masfuk dan Bupati Bojonegoro, Suyoto.

Dalam sambutannya, Zulkifli juga menyinggung-nyinggung soal Gus Ipul dan kerelaannya menguntit ketika buang air kecil ke toilet. "Saudara Wakil Gubernur, Gus Ipul, yang saya hormati.Tadi sampek nganter saya tuh (ke toilet). Ada maksudnya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya