Angin Kencang Karamkan Kapal Pembawa Hasil Bumi

Ilustrasi/Kapal karam
Sumber :
  • VIVAnews/Hendra Zaimi

VIVA.co.id – Sebuah kapal pengangkut hasil bumi bernama Berkah Utama, karam diterjang angin di perairan Kepulauan Riau, Rabu malam, 25 Januari 2017. Tidak ada korban jiwa. Lima anak buah kapal pun berhasil dievakuasi.

Identitas 8 Turis Asing yang Terombang-ambing di Laut Mentawai

Kapal yang membawa 29 ton hasil bumi berupa pisang, kelapa, jengkol dan jagung itu, awalnya hendak ke Tanjung Pinang. Namun di tengah jalan, angin kencang dan ombak tinggi mengadang kapal.

"Setelah berjuang melepaskan diri dari terjangan angin ribut, di tengah perjalanan sekitar pulau Sebayur, KM Berkah Utama kehabisan bahan bakar untuk menjalankan mesin yang berfungsi memompa air laut yang masuk ke kapal," ujar Danlantamal IV Laksma Pertama TNI S Irawan, Kamis, 26 Januari 2017.

Polda Kepri Dinilai Tutup Mata soal Praktik Judi di Batam

Sempat dilakukan upaya membuang muatan kapal. Namun terlambat, air laut terus memenuhi bagian dalam kapal. Sehingga kapal pun karam.

Atas itu, Irawan mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca sebelum melaut. Mengingat saat ini sedang terjadi musim utara di mana gelombang laut cukup tinggi disertai angin kencang dan hujan lebat.

Waspada, Hujan Lebat dan Petir Terjadi di Sejumlah Daerah Indonesia

"Jangan terlalu memaksakan diri untuk berlayar, siapkan segala sesuatunya sebelum memulai pelayaran," katanya.

Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Sedikitnya lima orang tewas dan seorang awak kapal terluka pada hari Kamis, 24 Februari 2024 ketika sebuah kapal kargo menabrak sebuah jembatan di wilayah Cina selatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024