Awal Februari, Sumatera Selatan Tetapkan Status Siaga Asap

Simulasi Penanganan Kebakaran Hutan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVA.co.id – Pada 1 Februari 2017, Provinsi Sumatera Selatan akan menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Polri Sebut Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan Turun

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, mengatakan, dengan dimulainya penetapan status siaga, pemerintah provinsi segera melakukan pencegahan dan penanganan karhutla.

"Beberapa waktu lalu, SK-nya sudah saya tanda tangani dan 1 Februari status siaga sudah dimulai. Pencegahan dapat dilakukan lebih dini. Kalau sudah ada SK berarti bantuan dari pusat sudah bisa masuk ke Sumsel," kata Alex, Senin 30 Januari 2017.

Cara Kapolri Jenderal Sigit Minimalisir Kebakaran Hutan dan Lahan

Menurut dia, pada tahun ini kondisi cuaca di Sumsel diprediksi mengalami kemarau panjang dibandingkan 2016. Dampaknya, kebakaran lahan akan lebih mudah terjadi dengan cuaca panas tersebut.

"Bukan hanya lahan gambut yang nanti mudah terbakar. Tetapi juga lahan mineral. Di Sumsel terjadi sebaran lahan gambut dan mineral di 17 kabupaten/kota. Untuk itu upaya pencegahan harus dilakukan secara maksimal," ujarnya.

Titik Api Meningkat, Kalimantan Barat Mulai Diselimuti Kabut Asap

Selain itu, Pemprov Sumsel ikut menggaet pemkab dan pemkot beserta pihak lain yang turut membantu seperti TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, dan Manggala Agni.

"Karhutla menimbulkan nama yang tidak baik bagi kita di internasional. Kita bertekad tidak ada lagi karhutla 2016 dan Alhamdulillah, 2016 tidak terjadi kebakaran yang sangat signifikan. Demikian juga 2017 ini, kita harapkan tidak terjadi lagi karhutla. Mari secara bersama kita cegah terjadinya karhutla," kata Alex. (art)

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo

Cara Irjen Dedi Agar Anak Buahnya Cepat Cegah Karhutla di Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo melaksanakan apel gelar sarana prasarana (sarpras) penanggulangan karhutla.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2021