Musim Hujan 2017 Lebih Basah, Waspadai Bencana Alam

BNPB jelaskan kondisi musim hujan 2017.
Sumber :
  • Raudhatul Zannah - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana di musim penghujan 2017.

Mengenal Apa Itu Leptospirosis, Penyakit yang Harus di Waspadai Ketika Musim Hujan

Karena, menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, musim penghujan kali ini lebih basah.

Menurutnya, tingkat kebasahan musim penghujan tahun ini jauh lebih basah dibandingkan pada musim penghujan 2015. Namun masih di bawah intensitas kebasahan pada 2016.

Viral Video Kamar Hotel Bocor Sampai Banjir, Netizen: Lumayan Dapet Warteboom

Sutopo mengatakan, masyarakat perlu mewaspadai terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung, terutama di rentang waktu Januari hingga Februari.

"Saat ini juga tengah berlangsung banjir di beberapa titik seperti di Bima, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan," kata Sutopo di kantornya di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu 1 Februari 2017.

5 Tips Ampuh Tetap Sehat dan Cegah Penyakit Saat Musim Hujan Melanda

Ia menambahkan, dari 262 kejadian bencana, didominasi oleh bencana puting beliung sebanyak 98 kali. Di mana, menurutnya, hingga saat ini belum ada sistem peringatan dini untuk puting beliung.

"Dampak perubahan iklim memang sangat nyata telah mengubah pola musim yang menyebabkan curah hujan ekstrem diikuti angin kencang sehingga menyebabkan puting beliung," ujar Sutopo. (one)

Banjir dan Bahaya Leptospirosis

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Leptospirosis memiliki gejala yang beragam dan dapat menyerupai penyakit lain, sehingga sering kali sulit untuk didiagnosis, demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024