Gunung Sinabung Sudah Tiga Meletus Hari Ini

Gunung Sinabung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi dengan letusan semburan abu vulkanik hingga tiga kali serta ketinggian abu vulkanik mencapai 3.000 meter hingga 3.500 meter pada Rabu, 8 Febuari 2017.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

"Teramati tiga kali letusan dan warna asap kelabu. Sedangkan cuaca cerah dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan barat. Suhu udara 18-27 derajat celcius," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra, saat dikonfirmasi VIVA.co.id pada Rabu siang.

Status Gunung Sinabung level IV atau awas. Armen mengimbau warga Kabupaten Karo tidak beraktivitas di zona merah atau zona larangan dari kaki Gunung Sinabung.

Erupsi Gunung Sinabung, Hujan Abu Vulkanik Terasa Hingga Binjai

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius tiga kilometer dari puncak, dan dalam jarak tujuh kilometer untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak enam kilometer untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak empat kilometer untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung," kata Armen.

Dia menambahkan, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap aktivitas gunung api itu. Petugas masih terus memantau aktivitas gunung itu. (ase)

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik hingga ke Medan
Mensos Risma melihat langsung masyarakat yang berdampak letusan Gunung Sinabung

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Mensos memotivasi masyarakat agar mereka berinisiatif meningkatkan pendapatan. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyerah kepada nasib.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021