Budi Waseso Sebut Pengedar Narkoba Tengah Lirik Vape

Rokok elektrik atau vape.
Sumber :
  • pixabay/LindsayFox

VIVA.co.id – Kepala Badan Narkotika Nasional  Komisaris Jenderal Budi Waseso mengatakan sedang menyelidiki adanya narkoba jenis baru yang terkandung di dalam rokok elektrik atau vape.

Vape May Help Adult Smokers to Stop, Study Says

Buwas sapaan Budi Waseso mengaku beberapa waktu lalu telah menerima laporan adanya jenis narkotika dalam rokok elektrik.

"Masih dalam pendalaman, sudah beberapa kasus kami temukan, tapi jenisnya apa masih didalami," ujar Buwas di Jakarta, Rabu malam 8  Februari 2017.

Riset Universitas Bern: Vape Efektif Bantu Perokok Dewasa Beralih dari Kebiasaan Merokok

Buwas menambahkan, mulai banyaknya pemakai vape bisa menjadi celah baru bagi pengedar narkoba. Jaringan Narkoba, dinilainya bisa saja melirik vape sebagai modus baru dalam menyebarkan barang haram tersebut.

"Ini peluang. Satu modus operandi baru yang bisa dimanfaatkan oleh jaringan untuk mengedarkan narkotika jenis itu," kata dia.

Tak Mudah Berhenti Merokok, Perokok Dewasa Bisa Optimalkan Produk Tembakau Alternatif

Meski demikian, Budi masih enggan berkomentar lebih jauh tentang jenis narkotika yang dimasukkan ke dalam cairan rokok elektrik.

"Sekarang masih dalam pengawasan dan penyelidikan kami. Nanti kalau sudah ada ya baru kami informasi lebih lanjut," ujarnya.

Laporan: Pius Yosep Mali / Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya