Wagub Jatim Bingung Ada Gambar Palu Arit di Madura

Heboh Gambar Palu Arit di Dinding Masjid Madura
Sumber :
  • IST

VIVA.co.id – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mengaku heran ada gambar palu arit ditemukan di beberapa lokasi Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Dia meminta masyarakat tindak bereaksi sendiri dan menyerahkan semua itu kepada petugas Kepolisian.

Bela Gus Ipul, Panglima Santri NU Sindir Cak Imin: Selesai Hajatan, Lapor PBNU Minta Petunjuk

Sebab menurut Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, Madura merupakan daerah yang dikenal religius. "Tapi ini kejadiannya di Madura, saya rasa enggak masuk akal. Ini aneh sekali dan harus ditelusuri," katanya saat dihubungi wartawan pada Kamis, 9 Februari 2017.

Gus Ipul meminta masyarakat tidak terprovokasi dan melakukan tindakan sendiri. Apalagi, belum diketahui pasti motif dari pelaku, apakah untuk mengadu domba. "Jangan main hakim sendiri, menyikapinya dengan pikiran jernih, tapi tetap waspada," ujarnya.

Cak Imin Sindir Saipul Makelar NU, Gus Ipul: Saya Enggak Paham

Salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu meminta masyarakat menyerahkan sepenuhnya masalah tersebut kepada petugas Kepolisian agar mengungkap siapa pelaku yang menggambar palu arit itu. "Percayakan kepada pihak Kepolisian karena berwenang dan membuat pelakunya bisa diproses secara hukum," katanya.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera mengatakan, petugas Kepolisian Resor Pamekasan masih menyelidiki kasus itu. Gambar palu arit yang ditemukan di Masjid Al Ikhlas, tiang jembatan, dan papan reklame di Desa Bilaan, Kecamatan Proppo, Pamekasan sudah dihapus dengan cat hitam. 

Cak Imin: Saipul Mengatasnamakan NU padahal Cuma Makelar

"Masyarakat diminta bersabar dan serahkan penyelidikan ini pada kami. kata Barung kepada wartawan di Markas Polda Jatim, Surabaya. (mus)

Ketua Umum NU Yahya Cholil Staquf dan Sekretaris Jenderal Saifullah Yusuf dalam rapat gabungan di kantor Pengurus Besar NU di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2024.

Sekjen NU Sebut Surya Paloh Negarawan karena Terima Hasil Pilpres, Layak Ditiru PKB

Sekretaris Jenderal NU mengapresiasi sikap Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang langsung menyampaikan menerima hasil Pemilu Legislatif dan Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024