Komnas HAM Dirikan Kantor Perwakilan di Papua Barat

Papua Barat/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

VIVA.co.id – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia resmi mendirikan kantor perwakilan di Manokwari, ibu kota Provinsi Papua Barat.

Viral Polisi Dikejar-Kejar Pakai Panah, Netizen: Seperti Film Warkop DKI

"Lembaga Komnas HAM melalui sidang paripurna setuju membentuk kantor perwakilan di Papua Barat," ujar Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, Kamis, 9 Febuari 2017.

Menurutnya, pembentukan perwakilan Komnas HAM di Papua Barat, setelah melalui studi kelayakan. Komunikasi dengan DPR dan pemerintah setempat juga telah dilakukan.

Di Manokwari, Raja Antoni Serukan Pemilu Damai dan Tegak Lurus pada Jokowi

Natalius menambahkan, pendirian perwakilan Komnas HAM di Papua Barat itu merupakan upaya yang tidak mudah. Apalagi di tengah berbagai usulan dari provinsi lainnya.

"Komnas HAM saat ini hanya memiliki 6 perwakilan dan dibentuknya Kantor Perwakilan di Papua Barat maka Tanah Papua memiliki dua kantor perwakilan dari tujuh kantor perwakilan di seluruh Indonesia," katanya.

Polisi Tangkap 46 Orang Terkait Tambang Emas Ilegal di Manokwari

Ke depan, Komnas HAM dan DPRD/Pemprov Papua akan membuat nota kesepakatan untuk konsisten pemajuan dan penegakan HAM, serta akan mengutus salah satu pejabat senior dan staf untuk bertugas setahun di Manokwari untuk mempersiapkan kapasitas kelembagaan, personel, sarana prasarana dan koordinasi dengan pemprov dan DPRD dan masyarakat.

"(Nanti) Lembaga ini akan bersuara untuk menyuarakan rintihan, ratapan, tangisan dan kesedihan yang selalu menghiasi Papua Barat," katanya. (mus)

Komandan TNI dibacok

Gara-gara Bicara Kasar, Komandan TNI Dibacok Anggotanya Usai Apel Pagi

Pada video yang viral itu nampak luka bacok yang dialami komandan TNI tersebut berada di bagian belakang kepala, sebelah kanan hingga harus mendapatkan 12 jahitan.

img_title
VIVA.co.id
26 Oktober 2023