KPK Siapkan TPS untuk Tahanan

Penyelenggaraan pilkada serentak di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ANTARA FOTO

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi turut menyukseskan Pilkada serentak 2017. Pada hari pencoblosan, yakni Rabu, 15 Februari 2017, lembaga antikorupsi telah menyiapkan tempat pemungutan suara di Gedung KPK. TPS ini dibangun untuk memfasilitasi para tersangka yang kini ditahan agar dapat memberikan suaranya.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan pihaknya sedang mendata para tahanan yang memiliki hak suara. Namun, sejauh ini, KPK hanya dapat memfasilitasi para tahanan yang memiliki hak suara untuk Pilkada DKI.

"Untuk tersangka yang memiliki KTP DKI dan punya hak pilih di DKI akan kami fasilitasi. Kami sedang melakukan pendataan. sudah ada juga pihak keluarga mengajukan pemindahan tempat pencoblosan, akan kami lakukan di kantor KPK pada tanggal 15 (Februari) tersebut," kata Febri dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa, 14 Februari 2017.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

Febri menuturkan, untuk dapat menggunakan hak pilih di TPS KPK, para tahanan harus melewati sejumlah prosedur antara lain membawa form pemindahan tempat pemilihan dari TPS salnya.

"Untuk (tahanan yang memiliki KTP) DKI Jakarta kami fasilitasi di sini. Tentu ada prosedur yang harus dilewati, seperti permintaan pemindahan daerah pencoblosan dan prosedur lainnya," ujarnya.

Pemilu Serentak 2024 Kemungkinan Ditunda

Terkait tahanan yang memiliki suara untuk daerah lain, KPK masih mempertimbangkan untuk memfasilitasi hal serupa.  

"Yang dari luar daerah masih kami pertimbangkan lebih lanjut karena memang cukup beragam asal daerah pihak-pihak yang sedang kami tahan," katanya. (ase)

Mendagri ?Tito Karnavian di Medan, Sumut, Jumat, 3 Juli 2020.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Pilkada serentak ini harus mengikuti protokol kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2020