Pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah Diperalat Agen Eropa

Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat bersama para personel polisi yang ditugaskan untuk Misi Perdamaian PBB.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian meyakini perempuan Indonesia bernama Siti Aisyah yang diduga terlibat kasus pembunuhan terhadap Jim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, hanyalah orang yang diperalat.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

"Siti Aisyah diperalat oleh agen Eropa sebagai eksekutor pembunuhan (Kim Jong Nam)," kata Tito di Universitas Syiah Kuala Aceh, Jumat, 17 Februari 2017.

Menurut Tito, Siti Aisyah bisa jadi tidak menyadari bahwa dirinya telah diperalat untuk membunuh saudara tiri pemimpin besar Korea Utara Kim Jong Nam. "Wanita itu tidak sadar," kata Tito.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Nama Siti Aisyah, sebelumnya mendadak muncul setelah Kepolisian Diraja Malaysia melaporkan telah menangkap seorang perempuan yang terkait dengan aksi pembunuhan Kim Jong Nam, saudara tiri dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, pada Senin, 13 Februari 2017.

Perempuan itu diketahui memiliki paspor Indonesia dan bernama Siti Aishah (25 tahun) berasal dari Serang, Banten. Ia tertangkap kamera pengawas (CCTV) saat berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur pascapembunuhan.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

Hingga kini, penyelidikan atas dugaan pembunuhan itu masih didalami otoritas setempat. Indonesia pun masih menunggu permintaan Malaysia untuk membantu proses penyelidikan.

Muhammad Fadly/Aceh

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022