BNPB: Bencana Sepanjang Januari 2017 Menewaskan 19 Orang

Bencana banjir bandang dan longsor Bitung
Sumber :

VIVA.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan bencana alam dalam kurun waktu 2008 hingga 2016 mengalami kenaikan.

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Data BNPB, pada bulan Januari 2017, angka bencana mencapai 303 kejadian dengan jumlah korban meninggal 19 jiwa, luka-luka 178.604 jiwa, dan kerusakan rumah hingga ribuan unit.

Menyikapi tantangan penanggulangan bencana yang multidimensi dan multipihak, Sekretaris Utama BNPB, Dody Ruswandi, mengatakan BNPB dan BPBD terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas di berbagai sektor seperti sumber daya manusia, kelembagaan maupun sinergi berbagai pihak.

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

"BNPB akan memperkuat kelembagaan maupun SDM di daerah," kata Dody, Rabu, 22 Februari 2017.

Dody juga mengharapkan BPBD mampu untuk menjadi pilar utama penanggulangan bencana di wilayah. Di samping itu, pemikiran dan upaya kreatif diharapkan mampu meningkatkan profesionalitas dalam aktualisasi penanggulangan bencana.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

"Kami juga selalu mengingatkan kepada semua BPBD bahwa solidaritas antar BPBD, baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota perlu terus dipupuk dan dibangun," jelasnya.

Kepala BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto, mengakui masih kurangnya personel BPBD untuk mengantisipasi bencana, sehingga potensi SAR yang ada perlu diberdayakan dengan pemberian pelatihan SDM yang harus terus ditingkatkan.

"Pelatihan dasar penanggulangan bencana mutlak dilakukan agar potensi SAR ini sewaktu-waktu dibutuhkan langsung bisa terjun ke lapangan," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya