Kecelakaan Pesawat Ganggu Penerbangan di Adi Soemarmo

Pesawat TNI AU kecelakaan di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Kamis, 2 Maret 2017.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA.co.id – Kecelakaan pesawat latih Grove milik TNI AU di sekitar landasan Bandara Adi Soemarmo, Solo, menyebabkan operasional bandara tersebut sempat ditutup. Akibat kejadian tersebut, sejumlah penerbangan komersial mengalami keterlambatan.

Kodam: Rachel Vennya Dibantu Paskhas TNI AU saat Kabur Karantina

Staf Hubungan Masyarakat PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Dian Ratih Ristauri, mengatakan bahwa aktivitas bandara sempat ditutup, karena alasan operasional. Hanya saja, ia tidak menyebutkan secara detail penyebab ditutupnya bandara.

"Tadi ada kegiatan operasional di bandara. Bandara Adi Soemarmo closed dari jam 08.50 sampai 10.50 WIB," katanya.

Gawat, Jenderal Bintang 2 TNI Dipukuli Warga

Dampak dari penutupan bandara tersebut, dia melanjutkan, sejumlah penerbangan komersial mengalami keterlambatan, di antaranya pesawat Lion Air, Citilink, dan Garuda Indonesia.

"Adanya penutupan, sejumlah maskapai penerbangan tujuan Solo maupun yang akan berangkat dari Bandara Adi Soemarmo mengalami delay. Tetapi tadi saat pukul 10.00 WIB sudah mulai dibuka. Ada pesawat Citilink yang sudah mulai boarding pada jam tersebut," katanya.

Saat Jokowi Sapa dan Foto Bersama dengan Penerbang Pesawat Tempur

Sebelumnya diberitakan, sebuah pesawat latih Grove milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara mengalami kecelakaan di Bandar Udara Adi Soemarmo, Solo. Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 08.50 WIB. Namun, TNI AU menegaskan bahwa peristiwa itu bukan pesawat jatuh.

"Pesawat jenis latih mula TNI AU ini bukan jatuh, tapi waktu sedang latihan pattern melaksanakan latihan take off dan landing menggunakan runway 26, setelah pesawat landing yang ke-5 dan kemudian persiapan akan take off kembali, nose wheel pesawat (ban depan pesawat) terlipat ke dalam," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Jemi Trisonjaya.

Penganiayaan ilustrasi

Prajurit TNI AD Tewas Dikeroyok di Penjaringan Jakut

Seorang prajurit TNI AD berinisial S (23), harus meregang nyawa akibat menjadi dikeroyok  sekelompok orang tak dikenal

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2022