Raja Salman Beri Kaligrafi Berbenang Emas untuk Istiqlal

Kunjungan Raja Salman ke Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id - Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud sempat mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis, 2 Maret 2017, sekitar pukul 14.00 WIB. Raja Salman dan Presiden Joko Widodo sempat melakukan salat sunah dua rekaat.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Dalam kunjungannya itu, Raja Salman mengungkapkan kekagumannya terhadap Istiqlal, salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara.

"Beliau (Raja Salman) juga sangat kagum ada masjid seperti ini, dengan sejarah yang juga sangat khas dan khusus bagi Indonesia, karena sebelumnya juga dijelaskan oleh ketua badan pelaksana pengelola Masjid Istiqlal tentang sejarah masjid," kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2017.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

Dalam kesempatan itu, Raja Salman memberikan sebuah cenderamata khusus untuk Masjid Istiqlal. "Cenderamata berupa kaligrafi yang tertulis ayat-ayat Al-Quran dari benang emas," katanya.

Pemberian cenderamata itu, karena Raja Salman begitu menghormati dan mencintai rakyat Indonesia. Tidak hanya terhadap pemerintah, tapi Arab Saudi menganggap rakyat Indonesia sudah menjadi bagian dari mereka.

Wow, Raja Salman Sumbang 20 Ton Kurma dan 50 Alquran untuk Umat Muslim di Indonesia

"Itu sebagai simbol bahwa hati beliau tetap melekat di hati umat muslim Indonesia dan itu dihadiahkan secara simbolik kepada Masjid Istiqlal," kata Lukman.

Seperti diketahui, Raja Salman sudah datang ke Indonesia sejak Rabu, 1 Maret 2017. Hari ini, Kamis, 2 Maret 2017, ia mengunjungi Gedung DPR/MPR dan menyampaikan pidato singkat. Setelah itu, Raja Salman melanjutkan kunjungan ke Masjid Istiqlal dan Istana Negara.

Raja Salman membawa rombongan dalam jumlah besar saat melakukan kunjungan ke Indonesia. Sedikitnya 1.500 orang diboyong ke Indonesia. Raja Salman juga mengajak serta 10 menteri dan 25 pangeran.

Raja Salman berada di Indonesia selama 1-9 Maret 2017. Pada 1-3 Maret, Raja melakukan kunjungan kenegaraan di Jakarta. Kemudian, pada 4-9 Maret, Raja Salman akan berlibur di Bali.

Kunjungan ke Indonesia ini adalah yang pertama kali dilakukan Raja Arab Saudi sejak 1970. Selain itu, lawatan ini merupakan kunjungan balasan, karena sebelumnya Presiden Jokowi mengunjungi Arab Saudi pada 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya