Menag Lukman Semobil dengan Raja Salman, ini Obrolan Mereka

Raja Salman keluar dari Hotel Raffles Kuningan, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • Irwandi

VIVA.co.id – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin beruntung bisa berada dekat dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis al-Saud, yang sedang berada di Indonesia untuk melaksanakan kunjungan kenegaraan. Lukman berada satu mobil dengan Raja Salman selama perjalanan ke Istana Bogor pada Rabu, 1 Maret 2017.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Seperti diketahui, selama perjalanan ke Istana Bogor menurut Menag, Raja Salman banyak cerita terkait hubungan kedua negara. Arab Saudi dan Indonesia yang telah terjalin sejak lama. Sementara untuk mencairkan suasana, Menag juga menanyakan soal hobi Raja.

"Banyak cerita dari pesoalan terkait hubungan kedua negara. Juga hobi beliau. Saya juga menanyakan yang sifatnya pribadi untuk mencairkan suasana," kata Lukman, Kamis 2 Maret 2017.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

Dalam perjalanan ke Istana Bogor dari Bandara Halim Perdanakusuma, ada yang membuat Raja Salman kaget. Ini karena sambutan masyarakat yang bagitu banyak selepas keluar dari jalan tol. 

Sepanjang jalan sejak keluar tol hingga masuk Istana Bogor, masyarakat penuh sesak ingin melihat Raja Salman. Dengan senyum, Raja Salman selalu melambaikan tangan untuk membalasan sambutan warga.

Wow, Raja Salman Sumbang 20 Ton Kurma dan 50 Alquran untuk Umat Muslim di Indonesia

"Selalu melambaikan tangan kanan, karena tidak memungkinkan kaca mobil dibuka. Maka beliau selalu memberi balasan untuk warga," katanya.

Raja Salman bahkan menganggap banyaknya warga yang berkumpul untuk menyambutnya ini seperti kegiatan demonstrasi. Meski diguyur hujan, warga tidak beranjak untuk melihat rombongan Raja Salman melintas.

"Di luar dugaan, beliau kaget karena keluar tol di Bogor. Masyarakat menyambut yang jumlah ribuan. Ini di luar bayangan atau perkiraaan beliau. Ini seperti demonstrasi. Meski hujan, masyarakat bertahan," kata Lukman.

Dari keseluruhan kesimpulan pembicaraan mengenai banyaknya warga yang menyambutnya, Raja Salman merasa sangat senang. Banyak warga Indonesia ikut menyambut kedatangannya.

"Beliau (Raja Salman) senang. Ini balasan Indonesia menyambut tamunya," katanya.

Pertanyaan yang tak kalah mengejutkan juga disampaikan Raja Salman kepada Lukman. Menurutnya, apakah jumlah masyarakat yang sangat banyak ini sengaja digerakkan oleh pemerintah Indonesia. Lukman kemudian menyampaikan bahwa antusiasme warga ini karena kecintaan mereka kepada Raja Salman.

Masyarakat Indonesia menganggap Arab Saudi adalah yang juga dekat di hati mereka.

"Apakah ini digerakkan oleh pemerintah? Saya sampaikan bahwa antusiasme warga ini karena kecintaan mereka kepada Raja Salman," kata Lukman. (ren)

Lihat video Raja Salman menyapa warga Jakarta di tautan berikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya