Jet Tempur TNI yang Terbalik Dievakuasi Pakai Alat Khusus

Pesawat TNI AU tergelincir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Otoritas Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, Riau, melaporkan bahwa jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara yang tergelincir Selasa kemarin sudah dievakuasi. Proses evakuasi dilakukan sejak Selasa malam dan selesai pada pukul 02.00 WIB, Rabu, 15 Januari 2017.

Cope West 2023, Pesawat F-16 TNI AU dan Amerika Serikat Terlibat Duel Udara di Wilayah Udara Riau

Evakuasi dilakukan dengan hati-hati sesuai prosedur. Ada alat khusus yang dikerahkan untuk membawa pesawat yang posisinya terbalik di luar landasan pacu itu ke hanggar.

"Evakuasi menggunakan crane untuk membantu evakuasi," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Roesmin Nurjadin, Mayor Sus Rizwar, kepada VIVA.co.id.

Pesawat F-16 TNI AU dan Amerika Bertempur Satu Lawan Satu di Udara

Pesawat tempur buatan Amerika Serikat itu di hanggar dan segera diinvestigasi oleh tim khusus TNI Angkatan Udara. "Seperti disampaikan Danlanud (Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama TNI Henri Alfiandi) tadi malam, nanti ada tim investigasi."

Terbalik

Amankan KTT ASEAN, TNI AU Siagakan Jet Tempur F-16 di Bandara Eltari Kupang

Pesawat tempur F-16 tipe TS 1603 milik TNI Angkatan Udara tergelincir hingga terbalik di ujung landasan pacu Lanud Roesmin Nurjadin pada pukul 17.25 WIB, Selasa, 14 Maret 2017.

Kapten pilot dan kopilot pesawat bagian dari Skuadron Udara 16 itu, Mayor Penerbang Andri dan Letnan Satu Penerbang Marko, selamat dalam insiden tersebut.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya, kecelakaan itu disebabkan tidak bekerjanya fungsi rem pesawat saat mendarat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya