Gara-gara Rokok, 5 Hektare Gambut di Ogan Ilir Terbakar

Petugas memantau lokasi kebakaran lahan gambut di Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan, Selasa (21/3/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK

VIVA.co.id – Lahan gambut seluas lima hektare di Jalan Lintas Timur Sumatera, tepatnya di Desa Sungai Rambutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, hangus terbakar. Diduga penyebabnya adalah puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Sebelum Ditembak, Calon Kades di Ogan Ilir Dihubungi Seseorang

"Awalnya hanya sedikit, setelah ada angin kencang api semakin membesar. Kemungkinan itu (penyebab) dari puntung rokok pengendara yang membuang sembarangan," kata Kepala Balai Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Sumatera, Denny Martin, Rabu, 22 Maret 2017.

Menurut Denny, kebakaran yang terjadi pada Selasa, 21 Maret 2017 itu, awalnya tidak terdeteksi oleh satelit pemantau. Karena kuat dugaan api berasal dari bawah. "Enam jam baru bisa dipadamkan," katanya.

Tragis, Calon Kades di Ogan Ilir Tewas Ditembak-Dibacok OTK

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan, Iriansyah, memastikan akan menindak tegas siapa pun yang menjadi penyebab kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

"Jika masih ada yang membakar akan diberikan sanksi pidana tanpa pandang bulu dan diproses oleh kepolisian. Begitu juga dengan pihak perusahaan," katanya.

Polisi Kantongi Identitas Pelaku Begal Terhadap Siti Badriah
Ponpes di Ogan Ilir, Palembang.

Seratusan Santri di Ogan Ilir Dipulangkan Gegara Kabut Asap, Ada yang Sesak

Dilaporkan bahwa, kabut asap yang timbul adalah dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi sejak Selasa, 12 September 2023 lalu.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2023