Libur Nyepi, Pulau Komodo Disambangi Seribu Lebih Turis

Suatu kapal pesiar bersandar di Pulau Komodo.
Sumber :
  • Viva.co.id/Jo Mariono

VIVA.co.id – Dua kapal pesiar (cruise ship) menyambangi pulau Komodo secara bersamaan pada saat liburan Nyepi, Selasa 28 Maret 2017. Mereka membawa 1000 lebih turis untuk menikmati keindahan alam pulau hewan purba itu.

Pulau Padar, Tempat Liburan Djarot dan Keluarga

Dua cruise ship itu masing-masing MV Artania berbendera Bahama, datang dari Darwin, Australia, dan MV Silver Discoverer, yang membawa rombongan turis dari Phuket, Thailand.
 
Kepala Syahbandar Labuan Bajo Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur, Usman Husin – yang ikut mengawasi dua kapal itu – menjelaskan MV Artania mengangkut 734 wisatawan ditambah 523 ABK. Sementara MV Silver  Discoverer membawa 364 turis dan 101 ABK.
 
“Total turis yang diangkut dua kapal ini sebanyak 1.080 orang. Mereka masuk ke pulau Komodo jam 8 pagi ,” ujar Husin.
 
Menurut Usman, selama berada di Loh Liang (Pulau Komodo), ribuan turis itu berjalan-jalan melihat kawanan kadal purba Varanus Komodo. Usai menyaksikan kadal raksaksa itu, mereka dijadwalkan snorkeling di Pink Beach.
 
“Trecking di Loh Liang sekitar empat jam, kemudian snorkeling di Pantai Merah (pink beach) ada juga yang menyelam di beberapa dive spot. Dua kapal itu meninggalkan perairan Taman Nasional Komodo (TNK) pada pukul 16.00 WITA,” ujar Usman.
 
Data Syahbandar Labuan Bajo yang memberi ijin labuh bagi kapal pesiar yang masuk TNK menyebutkan,dalam kurun waktu Januari hingga Maret 2017 sudah 24 kapal pesiar yang menyambangi Taman Nasional Komodo dengan jumlah turis sebanyak 20 ribu lebih orang.
 
“Triwulan pertama tahun 2017 ini sudah 24 cruise yang masuk, naik 300 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2016,” ujarnya membandingkan.

Namun sayangnya, kata Usman, semua kapal pesiar yang datang tidak satupun yang berlabuh di Labuan Bajo padahal tidak sedikit obyek wisata dan atraksi budaya yang mesti di nikmati wisatawan.
 
“Saya tanya ke agenya, mereka bilang paket Labuan Bajo tak begitu diminati oleh cruise ship. Ini yang perlu didorong. Saya kira Kementerian Pariwisata perlu memikirkan ini,” ujarnya. (ren)
 

Kejar Wisatawan, Landas Pacu Bandara Komodo Diperpanjang

Laporan : Jo Mariono

Kapan Sih Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Pulau Komodo?

Kapan Waktu yang Pas untuk Liburan ke Pulau Komodo?

Liburan kamu akan menjadi lebih menyenangkan.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2018