Ratusan Rumah di Bandung Barat 'Diamuk' Puting Beliung

Ilustrasi/Rumah rusak akibat dihempas puting beliung di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Rabu siang, 12 Oktober 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Iwan Mulyadi

VIVA.co.id – Bencana angin puting beliung hari ini meratakan ratusan bangunan rumah di Kecataman Batujajar dan Kecamatan Padalarang di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Pertamina Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Dicky Maulana, menjelaskan musibah itu terjadi di Kampung Seketendo dan Kampung Seke Bangbara, Kecataman Batujajar, Kabupaten Bandung Barat pada pukul 14:30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Angin puting beliung di Kampung Seketendo, terjadi di kawasan RT 01/13 yang mengakibatkan 16 rumah ambruk, dua di antaranya rusak berat. Kemudian, di RW 14, menimpa 21 rumah. Sedangkan di RW 17, terdapat 22 rumah rusak, tiga di antaranya rusak berat.

INFOGRAFIK: Perbedaan Tornado dan Puting Beliung yang Jadi Perdebatan

"Sedangkan di Kampung Seke Bangbara, di RW 12 meliputi RT 01 dan 02, sembilan unit rumah yang rusak tiga di antaranta rusak berat," kata Dicky, Minggu 2 April 2017.

Sedangkan di Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, angin puting beliung menerjang pemukiman pukul 15:30 WIB. Di antaranya, Kampung Ciluncat yang mengakibatkan 51 rumah rusak. Kampung Cipeundeuy RW 10, angin merusak 82 rumah hingga terbawa angin, empat rumah tiang dan genting nya terbawa angin.

Belasan Rumah Warga di Kertasari Bandung Rusak Akibat Puting Beliung

Sementara itu, di RW 08 Kampung Ciluncat Hilir, anging mengobrak ngabrik 86 rumah dan dua rumah genting dan tiang terbawa angin.

Kapolres Cimahi, AKBP Ade Ary Syam Indradi, menambahkan dalam insiden tersebut dipastikan tidak ada korban jiwa. Kerugian materi yang dialami ditaksir mencapai puluhan juta.

Ade mengatakan, pihaknya saat ini mengantisipasi adanya insiden tambahan dengan berkoordinasi dengan aparatur desa setempat, BPMPD Kabupaten Bandung Barat dan PLN.

"Korban jiwa nihil. Namun kami antisipasi kalau ada kebakaran," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya