Uji Kepatutan Calon Anggota KPU dan Bawaslu Digelar Hari Ini

Kantor Pusat Komisi Pemilihan Umum di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Mohammad Nadlir

VIVA.co.id – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya menjadwalkan uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada hari ini, Senin 3 April 2017.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Sejumlah pihak sebelumnya beranggapan DPR menunda-nunda penundaan fit and proper test, hingga masa jabatan anggota KPU dan Bawaslu periode ini berakhir pada 12 April nanti. Namun DPR akhirnya merespons juga keinginan pemerintah untuk menyegerakan fit and proper test ini.

"Semua calon sudah siap untuk fit and proper test. Dilakukan secara maraton dalam 2 hari, untuk ke-14 calon Komisioner KPU dan ke-10 calon anggota Bawaslu," kata anggota Komisi II Arteria Dahlan dalam pesan tertulis kepada VIVA.co.id, Minggu 2 April 2017.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Pada Senin 3 April, Komisi II menjadwalkan uji 12 calon anggota KPU pada jam 10.00 hingga 22.00. Kemudian pada Selasa besoknya, giliran 2 calon anggota KPU dan 10 calon Bawaslu.

"Rencana tanggal limanya akan ada rapat internal lagi, sebelum hasilnya akan dibawa ke Paripurna pada tanggal enam. Jadi bisa saja tanggal empat malam selesai, semua kumpul untuk lakukan pemilihan atau musyawarah mufakat," ujarnya.

Usai Sidang Perdana Sengketa Pemilu Kubu Amin, Ketua KPU Bilang Begini

Terkait proses memilih siapa nama-namanya dan berapa jumlah yang akan terpilih, menurut Arteria hal itu akan berjalan dinamis. Dia meminta publik menunggu dinamika yang berjalan.

"Intinya sangat dinamis. Kita nikmati saja proses peradaban demokrasi ini. Sambil kita lihat dinamikanya dalam 2 hari ke depan," kata Arteria.

Daftar Nama

Masa jabatan anggota KPU dan Bawaslu periode 2012-2017 akan berakhir pada 12 April 2017 mendatang. Presiden Joko Widodo telah memberikan daftar nama calon anggota KPU dan Bawaslu ke DPR untuk diseleksi dan disahkan.

Daftar nama yang diajukan tim pansel ini nantinya akan melewati proses uji kepatutan dan kelayakan. Selanjutnya, bila DPR setuju maka akan diloloskan dan disahkan sejumlah nama untuk KPU dan Bawaslu. Nama-nama yang disahkan ini nantinya akan menjadi anggota KPU-Bawaslu periode 2017-2022.

Berikut nama 14 calon KPU dan 10 calon Bawaslu:

KPU
1. Amus Atkana
2. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
3. Ilham Saputra
4. Evi Novida Ginting Manik
5. Ferry Kurnia Rizkiansyah
6. Ida Budhiati
7. Wahyu Setiawan
8. Sri Budi Ekowardani
9. Pramono Ubaid Thantowi
10. Yessi Y Momongan
11. Hasyim Asy'ari
12. Arief Budiman
13. Sigit Pamungkas
14. Viryan

Bawaslu
1. Ratna Dewi Petalolo
2. Abhan  
3. Mohammad Najib
4. Sri Wahyu Araningsih
5. Fritz Edward Siregar
6. Syafrida Rachmawati Rasahan
7. Mochammad Afifudin
8. Herwyn Jefler Hielsa Malonda
9. Rahmat Bagja
10. Abdullah

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya