Ada Banjir Kiriman Malaysia, Aktivitas Warga Nunukan Lumpuh

Ilustrasi banjir/korban banjir
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA.co.id – Curah hujan tinggi yang terjadi di sejumlah wilayah di Malaysia Timur mengakibatkan banjir kiriman ke Indonesia, tepatnya di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Penampakan Api Unggun di Titik Jatuhnya Pesawat Smart Aviation, Tanda SOS Pilot Selamat

Banjir kiriman dari negara tetangga yang rutin terjadi setiap tahun ini diiharapkan juga menjadi perhatian pemerintah Indonesia.  

Desa-desa yang tergenang banjir kiriman berada di pinggir sungai yang beririsan dua wilayah yaitu sungai di bagian Indonesia yang sebagiannya juga ada di wilayah Malaysia.  

Periksa Barang dari Malaysia, Bea Cukai dan Polisi Temukan Narkotika

Akibat banjir ini, kegiatan masyarakat lumpuh total dan sekolah pun diliburkan. Empat kecamatan yang terdampak banjir kiriman adalah Kecamatan Lumbis Ogong, Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sembakung Atulai dan Kecamatan Sembakung.

"Dampak banjir terhadap 1.363 KK ini juga menyebabkan ratusan hektare sawah terendam. Lalu ada juga ratusan ekor sapi dan ayam kampung terkena," kata Camat Sembakung, Zulkifli di Nunukan, Senin, 10 April 2017.

Sweeping Jalur Perbatasan, Satgas Yonarhanud 8 Berhasil Dapat Air Haram Black Jack's Asal Malaysia

Warga setempat berharap perhatian pemerintah setempat dan pemerintah pusat agar banjir tahunan tidak terulang kembali dan menjadi bencana rutin. (ase)

Laporan: Muhamad Tahir/tvOne Nunukan

Evakuasi pilot pesawat Smart Air yang jatuh di Kaltara

5 Fakta Jatuhnya Pesawat Smart Aviation di Nunukan Kalimantan Utara

Sebelumnya dikabarkan pesawat Smart Aviation tujuan Tarakan-Binuang hilang kontak dan terjatuh di Kabupaten Nunukan.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024