Sinabung Kembali Luapkan Banjir Lahar Dingin

Salah satu kawasan yang terdampak bencana lahar dingin Gunung Sinabung di Kabupaten Karo beberapa waktu lalu.
Sumber :

VIVA.co.id – Hujan deras di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menyebabkan terjadi lahar dingin Gunung Sinabung, Selasa,18 April 2017. Akibatnya, sungai dilalui lahar dingin meluap, membawa material lumpur dan batu.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

"Pada pukul 13.00 terjadi hujan deras di atas Gunung Sinabung dan Desa Mardinding, sementara di Desa Sukatendel sendiri tidak hujan. Kemudian, Pada pukul 14.45 tiba tiba air di sungai aliran lahar dingin di Sukatendel meluap membawa material dan lumpur sehingga menutup jembatan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Karo, Natanael Peranginangin, saat dikonfirmasi VIVA.co.id, Selasa malam, 18 April 2017.

Natanael menyebutkan lahar dingin meluap ke jalan raya, dan menutup akses jalan di sekitar aliran sungai Sinabung tersebut. Termasuk masuk ke rumah warga.

Erupsi Gunung Sinabung, Hujan Abu Vulkanik Terasa Hingga Binjai

"Untuk korban jiwa nihil," tutur Natanael.

BPBD Karo bergerak cepat melakukan reaksi cepat mengirim relawan, TNI, Polri memantau dan mengevakuasi warga yang terkena dampak dari banjir lahar dingin tersebut. Termasuk menyediakan satu unit alat berat untuk membersihkan material lahar dingin.

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik hingga ke Medan

"Kita juga mengimbau agar warga yg tinggal di bantaran sungai aliran lahar dingin selalu waspada," kata Natanael. (hd)

Mensos Risma melihat langsung masyarakat yang berdampak letusan Gunung Sinabung

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Mensos memotivasi masyarakat agar mereka berinisiatif meningkatkan pendapatan. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyerah kepada nasib.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021