Jokowi Janji Evaluasi Kebijakan Menteri Susi

Menteri Susi (kiri) Pantau Penenggelaman Kapal di Ambon.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Izzac Mulyawan

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo akan memanggil Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terkait kebijakannya yang melarang nelayan menggunakan alat cantrang. Jokowi berjanji akan membicarakan dengan Menteri Susi.

Somalia: dari Nelayan Menjadi Bajak Laut, Kisah Pilu di Lautan Anarki

"Saya akan melihat dulu lapangannya seperti apa, saya akan mengevaluasi kebijakan yang telah dilakukan oleh Menteri KKP," kata Presiden Jokowi, usai groundbreaking pembangunan Rusunami MBR Urbantown Loftvilles di Serpong Tangerang, Banten, Kamis 27 April 2017.

Dia berjanji, akan memberikan solusi terbaik terkait dengan aturan pelarangan cantrang bagi para nelayan tersebut. Apalagi, kebijakan ini mendapat pertentangan luas terutama dari para nelayan.

Begini Detik-detik Nelayan Gondol Hiasan Emas di Kubah Masjid Buru Maluku

"Tetapi percayalah kalau kita akan memberikan solusi yang paling baik untuk nelayan. Tetapi saya belum bertemu dengan Menteri KKP Bu Susi," jelas Jokowi.

Seperti diketahui, perpanjangan pelarangan penggunaan cantrang hingga waktu enam bulan. Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 8.1/SJ/PL.610/1/2017.

Ngeri, Buaya Terkam Nelayan di Aceh Singkil hingga Tewas

Akibat aturan ini, para nelayan yang biasa menggunakan alat ini untuk menangkap ikan, tidak bisa melaut sehingga tak mempunyai pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sementara penggantinya, belum diberikan oleh pemerintah.

[dok. Aruna Indonesia]

Dukung Target Produksi KKP, Produsen Seafood Aruna Siap Perluas Pasar hingga Varian Produk

Aruna Indonesia menegaskan komitmen untuk memperluas pasar dengan menghadirkan beragam produk seafood yang diminati pasar global dan domestik.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024