Polri Siaga Satu Pada Hari Buruh Senin 1 Mei

Massa buruh saat unjuk rasa di depan Disnakertrans DKI, 19 Oktober 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Kepolisian Republik Indonesia akan menerapkan siaga satu pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day, yang bertepatan pada Senin 1 Mei 2017. Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada unjuk rasa massa buruh di berbagai kota.

Di Tengah Pandemi Corona, Buruh Tetap Gelar Aksi 30 April

"Jadi seluruh wilayah kepolisian kepolisian anggotanya dikenakan siaga satu untuk ikut mengamankan oleh pihak buruh, yang memang ini rutin dilakukan setiap tahun," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Rikwanto di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat 28 April 2017.

Penerapan siaga satu oleh jajaran kepolisian itu dilakukan di daerah yang memang dianggap adanya titik aksi dari para pengunjuk rasa tersebut.

Demo Tolak Omnibus Law, Massa Buruh Datangi Kantor Anies

"Polisi harus bisa menjaga keamanan ketertiban di mana pun berada khususnya jika ada kegiatan unjuk rasa buruh," ujarnya.

Peringatan hari buruh nanti memang kerap diwarnai aksi tuntutan dari para buruh, baik soal kenaikan upah dan tunjangan lainnya.

Tolak Omnibus Law Cilaka, Buruh Serang Segel Akses Kawasan Industri

Namun, Polri mengharapkan agar peringatan hari buruh diisi dengan kegiatan yang positif seperti kegiatan bakti sosial di masyarakat. "Tentu yang lebih positif artinya berguna bagi lingkungan tersebut, pabrik dan masyarakat," ujarnya.

Apabila pada peringatan hari buruh tetap ada yang melakukan unjuk rasa di sejumlah tempat, maka polisi meminta agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban umum.

"Jangan mengganggu ketertiban umum dan melanggar hukum," kata Rikwanto. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya