Debu Racun, Belasan Ribu Anak di Bekasi Terserang Penyakit

Ilustrasi-Dampak pencemaran udara
Sumber :
  • ANTARA/FB Anggoro

VIVA.co.id – Belasan ribu anak di Kota Bekasi Jawa Barat terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Ini ditengarai oleh debu meluas di daerah itu.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh

Catatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi total anak yang terserang penyakit ini sudah mencapai 14.886 kasus. Jumlah ini bahkan diprediksi bertambah menjelang masuknya musim pancaroba.

"ISPA penyakit sepanjang musim. Namun kalau musim pancaroba sudah tiba kasusnya semakin tinggi," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Bekasi Laila Nauvalya, Selasa, 2 Mei 2017.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Laila menyebut, selama ini untuk pasien ISPA diakuinya memang jarang mendapat perawatan inap. Terkecuali sudah meradang hingga menjadi infeksi paru.

"ISPA biasa ditangani Puskesmas. Kalau sudah rawat inap baru dirujuk ke RSUD," katanya.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Sejauh ini, untuk mengantisipasi sebarannya meluas, Laila mengimbau agar warga Bekasi selalu menggunakan masker. Langkah ini untuk mengurangi masuknya debu ke saluran pernapasan.

Arsip - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan saat mengevakuasi korban tertimbun material longsor di Kampung Gintung, Desa Cicendo, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu, 27 Maaret 2024.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Tim SAR kembali menemukan tiga jasad korban yang tertimbun longsor pada operasi pencarian hari keempat di Bandung Barat dan mendapati dua di antaranya saling berpelukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024