Kampus jadi Negeri, Nasib Dosen dan Karyawan Tak Jelas

Kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta
Sumber :
  • Dokumentasi UPN Veteran Yogyakarta

VIVA.co.id – Berubahnya status Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran dari swasta ke negeri ternyata masih menyisakan polemik. Ini ditengarai oleh tidak jelasnya nasib sejumlah tenaga pengajar yang bekerja di kampus tersebut.

Universitas Pancasila Lantik Pengganti ETH Sebagai Rektor Usai Dilaporkan Pelecehan Seksual

Dari pengakuan sejumlah dosen dan pegawai, sejak berubah status pada tahun 2014, mereka sering tak menerima gaji tepat waktu. Termasuk tunjangan yang tidak dibayarkan penuh.

"(Atas itu) Kami bersepakat mogok sebagai bentuk protes tidak jelasnya nasib kami setelah 3 tahun pe-negeri-an UPN," kata Arif Rianto, perwakilan tenaga pengajar UPN, Selasa, 2 Mei 2017.

Membanggakan, UMSU Pecahkan Rekor MURI 'Orasi Ilmiah oleh Dosen Terbanyak dari Satu Universitas'

Menurutnya, harusnya dengan berubahnya status itu, memberi kabar baik untuk tenaga pengajar dan karyawan di UPN Veteran Yogyakarta. Namun sayang, hal itu tidak memberi dampak.

"Status kami tak jelas, kesejahteraan menurun, gaji terlambat, tunjangan tidak diberikan penuh dan sekarang uang makan belum diberikan," kata Rianto.

Dosen Universitas Atma Jaya Sabet Penghargaan Penelitian Bidang Keamanan Pangan

Direncanakan, aksi mogok para dosen di UPN Veteran ini akan digelar seharian penuh pada Selasa, 2 Mei 2017. Tidak ada aktivitas belajar mengajar selama aksi ini berlangsung.

"Dosen dan karyawan tetap masuk tapi hanya duduk-duduk saja. Tidak ada kuliah dan pelayanan selama mogok berlangsung," tambah Ketua Dewan penasihat Forum PTY Lestanta Budiman.

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo Ungkap Pengalaman Jadi Murid Rocky Gerung: Itu Nightmare Gue!

Dian Sastrowardoyo menceritakan kenangannya saat masih menjadi mahasiswa dengan dosen Rocky Gerung. Pengalaman itu selalu diingatnya hingga sekarang.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024