Sekretariat Jenderal DPR Terus Perbaiki Nilai PMPRB

Sekretariat Jenderal DPR RI
Sumber :

VIVA.co.id – Tim Reformasi Birokrasi Sekretariat Jenderal DPR RI telah menyerahkan indeks nilai Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dengan skor memuaskan (82.24) ke Kementerian PAN RB.

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

Skor tahun 2016, lebih tinggi dibandingkan indeks reformasi birokrasi pada tahun sebelumnya. Pada tahun 2014 indeks reformasi birokrasi memiliki nilai 38.48, sementara, pada tahun 2015, skor Reformasi Birokrasi meningkat cukup tajam 65.99, dan pada tahun 2016 bernilai 66.33 yaitu baik.

Sekjen DPR RI Achmad Djuned mengharapkan, hasil PMPRB yang disubmit dengan skor 82.24 (memuaskan) tidak berbeda jauh dengan nilai yang dikeluarkan dari Kementerian PAN-RB nantinya.

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

“Kami ucapkan terima kasih pada tim pelaksana reformasi birokrasi sehingga menghasilkan nilai reformasi birokrasi sebesar 82,24. Harapan selanjutnya mudah-mudahan nilai ini tidak jauh berbeda dengan hasil dari Kementerian PAN-RB,” ujar Djuned Jumat, 28 April 2017.

Nilai tersebut diperoleh dengan mempertimbangkan hasil dari kapasitas dan akuntabilitas kinerja organisasi, penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN dan kualitas pelayanan publik.

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

Proses ini dilakukan sesuai PP Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 dan Peraturan Menpan-RB Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi Tahun 2015-2019.  Dalam kegiatan ini turut serta Deputi Persidangan Damayanti, Inspektur Utama Setyanta Nugraha serta beberapa pejabat Aselon II, III dan IV Setjen DPR RI.

Sebelumnya pun telah dilakukan beberapa proses untuk memperbaiki reformasi birokrasi di lingkungan Setjen DPR yang diantaranya penggunaan e-government dalam manajemen pemerintahan, penyusunan road map reformasi birokrasi periode 2015-2019 yang memuat strategi reformasi lima tahun mendatang, penyempurnaan organisasi yang lebih fleksibel serta melakukan seleksi terbuka pejabat madya di lingkungan Setjen DPR.

Dalam kesempatan tersebut, Setjen DPR juga berpesan kepada seluruh pejabat eselon untuk senantiasa memberikan contoh dan teladan bagi bawahannya. Karena pimpinan punya pengaruh luas, perilaku pimpinan menjadi contoh bagi bawahannya dalam bertindak dan berperilaku, ujarnya.

“Kita tekankan bahwa pimpinan itu untuk menjadi teladan. Karena perilaku pimpinan yang baik akan berdampak pada anak buah untuk berbuat baik. Pimpinan yang disiplin akan berdampak pada anak buah yang disiplin,” kata Djuned.

Selain itu, Irtama Setjen DPR Setyanta Nugraha menjelaskan bahwa proses penilaian ini dilakukan sejak bulan Januari hingga Maret. Ia pun berharap bahwa nilai 82.24 ini nantinya tidak jauh berbeda dengan nilai yang dikeluarkan oleh Kementerian PAN-RB.

“Dengan angka yang relatif tinggi dan mudah-mudahan nanti bisa dipertahankan. Kalau pun nanti akan turun itu tidak jauh. Untuk selanjutnya dievaluasi dari Kementerian PAN-RB. Langkah ini dibuat dari Januari sampai Maret,” kata Setyanta. (webtorial) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya