Cerita Khodar Dikepung Kabut Tebal di Gunung Merapi

Pendaki yang tersesat di Gunung Merapi akhirnya ditemukan.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Tim Basarnas Jawa Tengah akhirnya berhasil menemukan Khodar Ramadhan (23 tahun), seorang pendaki yang sempat hilang di Gunung Merapi. Sebelumnya, pendaki asal Depok, Jawa Barat dikabarkan hilang saat menuruni gunung bersama dua rekannya.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

Menurut Humas Basarnas Jateng, Maulana Affandi, pendaki hilang tersebut sudah dievakuasi tim pada Kamis, 4 Mei 2017 sekira pukul 03.20 dini hari tadi.

"Survivor kita evakuasi dalam keadaan selamat dengan kondisi lemah, tetapi sanggup berjalan menuju camp Barameru, Boyolali, " kata Affandi kepada VIVA co.id.

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Dari penututan survivor tersebut, lanjut Affandi, ia tersesat di lereng Gunung Merapi tepatnya di kawasan yang dikenal Pasar Bubrah setelah terpisah dari dua rekannya yakni Eko Prasetyo dan Abdul Halim pada Rabu, 3 Mei 2017.

"Terakhir kontak sekitar pukul 13.20 WIB antara puncak sampai Pasar Bubrah.  Kondisi waktu itu kabut tebal dan jarak pandang sekitar 5 meter saja," kata Affandi.

Momen Haru 2 Korban Erupsi Merapi Siska dan Frengki Diwisuda, Diwakili Orang Tua

Saat itu, cuaca di puncak gunung sedang mendung dan berkabut tebal sehingga jarak pandang terbatas. Khodar sempat menuruni jurang, karena merasa salah jalur. 

"Pendaki itu lalu memutuskan kembali ke puncak lagi. Beruntung saat bergerak ke atas kemudian bertemu tim evakuasi, " ujar Affandi.

Usai ditemukan, pendaki yang tercatat sebagai warga Jalan Swadaya Nomor 23 Areman RT 06/08 Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, itu lalu dibawa ke bascamp untuk diberi perawatan karena dalam kondisi lemah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya