Presiden Jokowi Jajal Medan Trans Papua dengan Motor Trail

Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan jalan Trans Papua dengan motor Trail
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA.co.id – Ada yang berbeda dengan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Papua, Rabu 10 Mei 2017. Kali ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menggunakan motor trail, bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyono, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Jokowi menjajal medan Papua, saat meninjau langsung pembangunan Jalan Trans Papua ruas Wamena-Mamugu 1 di Wamena Kabupaten Jayawijaya. Dalam siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, jarak yang ditempuh mencapai 7 km.

Jokowi menggunakan motor trail yang berplat RI-1. Sebelum berangkat, Ibu Negara Iriana terlihat memayungi suaminya itu, mirip saat pembalap MotoGP akan berlaga di sirkuit.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Jokowi naik motor Trail dipayungi Ibu Negara

Presiden Jokowi berada di depan, persis di sampingnya ada Jenderal Gatot dan KSAD, serta sejumlah anggota lainnya.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Kalau naik trail kelihatan jelas kesulitannya. Itu baru naik, coba bayangkan yang membangun. Kita ini kan coba melihat di lapangan," kata Jokowi usai meninjau Jalan Trans Papua.

Membuka akses di Papua, memang keinginan Presiden Jokowi. Sehingga, TNI yang diminta untuk lebih dahulu membuka akses ini. Setelah lahan terbuka, maka pihak PU yang akan masuk untuk melakukan pengaspalan.

"Saya kira kalau duet ini dilakukan terus ini akan mempercepat," kata Jokowi.

TNI dibutuhkan mengingat medan yang sulit yang berada pada ketinggian sekira 3.200 meter di atas permukaan laut.

"Pembukaan lahan dulu oleh TNI untuk membentuk badan-badan jalan. Supaya masyarakat di seluruh Tanah Air tahu betapa sangat sulitnya membangun jalan di Papua karena tanahnya bergunung-gunung yang sangat tinggi," jelas Jokowi.

Adapun ruas jalan yang disusuri oleh Presiden beserta rombongan kali ini merupakan salah satu ruas dari sekitar 4.300 kilometer Trans Papua yang sedang dalam proses pembangunan.

Sepanjang 3.800 kilometer sudah berhasil dibuka oleh TNI dan diharapkan pada tahun 2019 nanti seluruh ruas jalan sudah terbuka dan dapat dilalui.

"Ini tadi kita berjalan di ruas dari Wamena menuju ke Kenyam sepanjang 287 kilometer. Memang yang teraspal baru 37 kilometer, tetapi ini akan terus dikerjakan," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi meninjau pembangunan jalan Trans Papua dengan motor Trail

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya