Kondisi Terkini Abu Bakar Baasyir di Lapas Gunung Sindur

Abu Bakar Baasyir saat di Lapas Pasir Miskin, Nusa Kambangan, Jawa Tengah sebelum dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur Bogor Jawa Barat.
Sumber :
  • Humas Kementerian Hukum dan HAM

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menginspeksi Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur di Bogor, Jawa Barat, Rabu 10 Mei 2017. Dalam kesempatan ini Fadli juga turut mengunjungi terpidana terorisme Abu Bakar Baasyir dan mendengarkan keluh kesahnya.

Sekjen PDIP dan Yenny Wahid Setuju dengan Gus Ipul Jangan Pilih Paslon Didukung Abu Bakar Baasyir

Menurut Fadli, Baasyir berada dalam keadaan yang baik. Hanya saja pemimpin Majelis Mujahiddin Indonesia ini tengah punya masalah di gigi. Dan, salah satu yang dikeluhkan Baasyir adalah fasilitas kesehatan.

"Karena memang sebagai tahanan khusus tidak bisa dibawa ke rumah sakit, sehingga hanya mengandalkan dokter maupun perawat yang datang dari rumah sakit pengayoman," kata Fadli ketika ditemui usai kunjungan.

Gus Ipul Bilang Jangan Pilih Capres Didukung Abu Bakar Baasyir, Pihak Amin Merespons Begini

Keluhan kedua, permasalahan bertemu dengan keluarga. Karena status tahanan khusus, Baasyir hanya bisa berkomunikasi dengan keluarga di suatu ruangan yang dipisah oleh kaca.

"Jadi permintaannya itu supaya ada kunjungan dari keluarganya yang datang jauh dari Solo, bisa bertemu, ada kontak lah. Memang karena prosedur selama ini bertemu di ruang kaca," ujar Fadli.

Abu Bakar Ba'asyir Dukung Anies, TKN: Warga NU Harus Pilih yang Sejalan dengan Pancasila

Selebihnya, Fadli menilai kondisi cukup baik. Isu mengenai larangan beribadah katanya tidak benar. Begitu juga dengan isu sel Baasyir sempit yang katanya juga tidaklah benar.

"Satu ruang dihuni oleh dua orang, jadi dia merasa selnya baik-baik saja. Jadi kalau isu dia selnya kecil nggak benar," kata Fadli.

Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya

PBNU Buka Suara soal Seruan Gus Ipul Jangan Pilih Capres Didukung Abu Bakar Ba'asyir

Ketua umum PBNU Gus Yahya merespons pernyataan Sekjen PBNU Gus Ipul yang minta warga NU agar tidak memilih pasangan Capres-Cawapres yang didukung Ustaz Abu Bakar Ba'asyir

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024