AMSI Kecam Peretasan Tempo.co

Deklarasi AMSI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pada Rabu malam, 10 Mei 2017, situs berita tempo.co diketahui diretas oleh orang tak dikenal. Meski situs tersebut diketahui telah pulih namun peretasan itu dianggap merugikan masyarakat umum.

Perhatikan 7 Tanda Perangkat Kamu Sudah Diretas

"Publik kehilangan sumber berita dan tempo.co sendiri tentu saja dirugikan dalam banyak hal, kehilangan pembaca dan potensi bisnis," kata Ketua Presidium Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut melalui rilis pers, Jumat 12 Mei 2017.

Media tempo.co disebutkan selama ini merupakan media yang kredibel dan menerapkan asas jurnalisme dalam pemberitaannya. Oleh karena itu segala keberatan selayaknya bisa disampaikan dengan menempuh mekanisme yang diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Polisi Tangkap Peretas Situs Dewan Pers dan Kejagung

"AMSI mengecam keras peretasan atas media ini serta upaya adu domba yang dipajang pada halaman muka situs ini. Cara-cara adu domba seperti ini tidak saja mengganggu kenyamanan para pengelola media tapi juga berpotensi mengganggu kenyamanan publik," katanya.

Oleh karena itu, AMSI mendesak polisi agar segera memburu pelaku peretasan tersebut dan menindak pelaku sesuai dengan aturan hukum yang ada.

Polda Sulsel Tak Sadar Websitenya Diretas
Ilustrasi Twitter.

Akun Sosmed Angkasa Pura II Dibobol Hacker

Akun itu sempat mencuit hal-hal aneh.

img_title
VIVA.co.id
9 Juni 2018