YLKI: Jangan Tayangkan Iklan Rokok Saat Ramadan

Ilustrasi-Produk rokok di Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menerbitkan larangan penyiaran iklan rokok saat Ramadan 2017.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Meski kini memang ada ketentuan penanyangan iklan rokok hanya pada pukul 21.30 hingga  pukul 05.00. Namun ini dikhawatirkan menjadi kekuatan produsen rokok untuk berpromosi pada saat ramadan.

"Produsen rokok sengaja memborbardir iklan rokok pada saat makan sahur dengan menjadikan anak-anak sebagai target utama," kata Ketua YLKI Tulus Abadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 16 Mei 2017.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan?

Atas itu, ia mengingatkan KPI untuk menerbitkan larangan iklan rokok, khususnya selama sahur. Di samping itu juga, ia menyarankan agar tidak ada acara keagamaan yang disponsori oleh produsen rokok.

"YLKI meminta para ustaz yang menjadi pengasuh acara di televisi saat ramadan, untuk menolak jika acara tersebut disponsori rokok, baik secara terang-terangan atau terselubung," ujarnya.

5 Keutamaan Itikaf, Amalan Sunah di Pengujung Ramadan
Pemantauan Hilal Untuk Menentukan Awal Puasa Ramadhan. (ilustrasi)

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

Ramadhan tahun 2030 akan berlangsung dua kali setahun. Ibadah wajib ini akan dilakukan oleh orang-orang yang beragama Islam pada awal dan akhir tahun. Ini penjelasannya.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024