PDAM Makassar Gratiskan Iuran Air Selama Ramadan 2017

Ilustrasi berwudhu.
Sumber :

VIVA.co.id – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar menggratiskan iuran bulanan pemakaian air di daerah itu selama bulan Ramadan 2017. Namun, fasilitas ini hanya berlaku untuk 360 masjid yang menjadi pelanggan PDAM.

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

"Jadi yang (Masjid) gratis itu untuk pelanggan PDAM saja. Karena masih ada beberapa masjid di Makassar menggunakan sumur bor," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PDAM Kota Makassar, Muhammad Idris Tahir, Kamis 18 Mei 2017.

Ia mengungkapkan saat ini PDAM Makassar melayani 168 ribu pelanggan. Sebanyak 360 pelanggan menggunakan air PDAM untuk keperluan Masjid.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Kebijakan menggratiskan tagihan air bagi masjid sepanjang bulan suci Ramadan 2017 itu merupakan bentuk kepedulian PDAM Makassar kepada masyarakat. Apalagi, lanjut Idris, penggunaan air sepanjang ramadan di setiap masjid memang meningkat.

"Khususnya saat malam hari. Masyarakat biasanya setelah salat Isya, wudhu lagi untuk salat Tarawih," katanya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan?

Idris tak menampik juga ada peningkatan penggunaan air selama ramadan di tingkatan pengguna rumah tangga. Namun umumnya tak begitu signifikan.

"Biasanya tiga atau empat hari di awal Ramadan dan jelang Lebaran (Idul Fitri), penggunaan air untuk rumah tangga memang biasanya meningkat. Biasa dipakai masak-masak," jelasnya.

Namun, Idris tidak merinci data penggunaan air tersebut. Alasannya, masing-masing rumah penggunaannya berbeda, sesuai dengan jumlah orang dalam satu keluarga. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya