Cerita Korban KM Mutiara Sentosa 1, Mengapung 6 Jam

Korban selamat KM Mutiara Sentosa 1 yang terbakar di Perairan Masalembu.
Sumber :
  • Nur Faishal/Surabaya

VIVA.co.id – Sebanyak 188 korban selamat kejadian terbakarnya KM Mutiara Sentosa I di Perairan Masalembu, Madura, tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu malam, 20 Mei 2017. Mereka selamat setelah sempat terombang-ambing di lautan selama 6 jam.

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Sumantri, salah satu penumpang selamat menceritakan, kepanikan melanda ratusan penumpang begitu tahu kapal terbakar. Saat itu, suasana masih gelap karena kebakaran diperkirakan terjadi pada Jumat subuh, 19 Mei 2017, sekira pukul 04.00 WIB.

Asap tebal  membuat kepanikan. Sejumlah penumpang berupaya memadamkan api namun tidak berhasil. Penumpang yang panik mulai terjun ke laut untuk menyelamatkan diri.

KM Mutiara Berkah I yang Angkut 136 Truk Terbakar Hebat di Merak, Prajurit Lanal Banten Dikerahkan

"Kami tidak sanggup untuk memadamkan. Tidak bisa bernapas karena asap. Semua panik. Ngeri sekali suasananya," kata Yoyok, yang juga korban selamat asal Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Yoyok menceritakan, dia sempat bertahan di atas kapal selama hampir dua jam sebelum akhirnya melompat. Hampir 6 jam terombang-ambing di laut, Yoyok dan sejumlah penumpang lain kemudian diselamatkan kapal penolong.

Bus Pelat Merah Penyebab KMP Royce 1 Terbakar Milik Kemendag, Mau Antar Rombongan Nikah

"Sekitar pukul enam saya meloncat ke laut dengan pelampung. Jam 12 siang baru datang kapal penolong. Banyak yang berkumpul dengan saya, tapi kalau di kapal penolong yang dengan saya semuanya 38 orang," ujarnya.

Rakhmatika Ardianto, manajer operasional PT Dharma Lautan Utama, perusahaan KM Dharma Kartika IX yang membatu membawa korban menjelaskan, sesuai data yang ia terima, total korban selamat yang dibawa kapalnya ke Surabaya sebanyak 188 orang.
"Kalau korban meninggal dibawa oleh kapal Basarnas," katanya.

Pantuan VIVA.co.id, korban selamat tiba di Surabaya hanya mengenakan baju yang melekat di badan. Tidak ada barang bawaan miliki mereka yang dibawa. Barang bawaan penumpang dipastikan ikut terbakar bersama kapal.

Beberapa korban selamat terlihat mengalami luka-luka. Ada beberapa yang berjalan terpincang-pincang, seperti menahan sakit. Ada pula yang keluar dari kapal dengan digotong. Ada satu bayi dan beberapa anak-anak.

KM Mutiara Sentosa 1 rute Surabaya-Balikpapan itu melepas jangkar dan berangkat dari Surabaya pada Kamis malam 18 Mei 2017. Kapal mengalami kebakaran sesampai di Perairan Masalembu, Madura, Jawa Timur, pada Jumat, 19 Mei 2017.

Beruntung, ada kapal yang tengah berlayar di dekat kapal terbakar sehingga banyak korban berhasil dievakuasi. Data jumlah penumpang hingga kini masih simpang siur, ada yang menyebut total 187 orang termasuk ABK, ada pula menerangkan 191 orang. Sedangkan korban meninggal dilaporkan lima orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya