Kebakaran Kapal

Begini Kondisi Korban Selamat dari Kapal Mutiara Sentosa I

Kapal pembawa penumpang selamat yang membakar KM Mutiara Sentosa I
Sumber :
  • VIVA.co.id /Nur Faishal (Surabaya)

VIVA.co.id – Kapal Motor Dharma Kartika IX – yang membawa penumpang yang selamat dari KM Mutiara Sentosa I, yang terbakar di Perairan Masalembu, Madura – tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu malam, 20 Mei 2017. Lelah dan sedih terlihat jelas di wajah mereka.

Bus Pelat Merah Penyebab KMP Royce 1 Terbakar Milik Kemendag, Mau Antar Rombongan Nikah

KM Dharma Kartika IX merapat sempurna di Pelabuhan Tanjung Perak sekira pukul 22.00 WIB. Puluhan korban diberi kesempatan pertama oleh petugas keluar dari dalam kapal, sebelum penumpang KM Dharma Kartika IX sendiri.

Pengamatan VIVA.co.id, semua korban turun dari kapal dengan hanya memakai baju yang melekat di badan. Tangan mereka tidak ada yang menenteng atau memanggul koper, selaiknya penumpang kapal pada umumnya.

Kepanikan dan Tangisan Penumpang saat Tahu Kapal KMP Royce 1 Terbakar

Beberapa di antara korban keluar dengan kondisi sakit. Ada yang melangkah keluar dengan berjalan terpincang-pincang, bahkan ada yang digotong, lalu ditandu menuju ambulans. Terlihat pula satu bayi digendong polisi wanita dan beberapa anak menangis saat dibawa keluar bersama kedua orang tuanya.

Oleh petugas, para korban langsung dikumpulkan di sebuah ruangan besar untuk dilakukan pendataan. Hingga berita ini selesai ditulis, belum diketahui pasti jumlah korban selamat yang tiba di Surabaya. Perkiraan VIVA.co.id jumlahnya lebih dari seratus orang.

Detik-detik Kapal Feri KMP Royce I Terbakar di Perairan Merak, Ratusan Penumpang Panik

Rakamtika Ardianto, pihak dari Dharma Lautan Utama, perusahaan KM Dharma Kartika IX, menjelaskan bahwa korban yang dibawa kapalnya berasal dari sejumlah kapal penolong dan yang dievakuasi di Pulau Masalembu. "Jumlahnya semua 188 orang," kata dia. (ren)

VIVA Militer: Prajurit TNI AL dikerahkan padamkan api di KM Mutiara Berkah I

KM Mutiara Berkah I yang Angkut 136 Truk Terbakar Hebat di Merak, Prajurit Lanal Banten Dikerahkan

KM Mutiara Berkah I yang terbakar hebat di Dermaga Merak membawa penumpang dan 135 kendaraan roda empat

img_title
VIVA.co.id
6 September 2023