Terpidana Seumur Hidup Diusulkan Dipindah ke Nusakambangan

Ilustrasi-Narapidana di Lapas Tanjung Gusta Medan Sumatera Utara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA.co.id – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Tanjung Gusta Medan Sumatera Utara Asep Syarifudin berencana untuk mengusulkan pemindahan narapidana dengan hukuman seumur hidup atau mati ke Lapas Nusakambangan.

Bareskrim Polri Telusuri Aliran Dana Kampanye Pemilu 2024

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kembali berulahnya narapidana khususnya kasus narkotika untuk mengulangi perbuatan mereka.

"Itu (pemindahan napi ke Lapas Nusakambangan) nanti saya usulkan ke kantor wilayah Kemenkuham Sumut," kata Asep, Selasa, 23 Mei 2017.

800 Telepon Genggam Disita dari Sel Napi Lapas Salemba

Di Lapas Tanjung Gusta Medan sebelumnya, memang sempat kembali terjadi seorang narapidana kasus narkotika bernama T alias Toge yang terbukti mengendalikan narkoba untuk kedua kalinya, dengan barang bukti 25 kilogram sabu.

Itu terjadi ketika Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil membongkar praktik peredaran narkoba jaringan internasional yang dikelola oleh Toge pada Minggu siang, 14 Mei 2017.

4 Napi yang Pernah Kabur dari Nusakambangan, Ada 'Robin Hood'

Sebanyak empat orang, yakni SU (38) dan AM (30) berperan sebagai kurir dan dua orang terpidana dari Lapas Tanjung Gusta Medan, masing-masing bernama T alias Toge dan TH pun dinyatakan terlibat.

Asep mengatakan, pihaknya terus melakukan pengamanan maksimal. Untuk saat ini, Lapas Tanjung Gusta Medan memiliki mesin X-Ray, Body Scanner, dan enam unit alat pengintai sinyal narkoba.

Dirtipnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol Mukti Juharsa saat konferensi pers.

Brigjen Mukti: Selebgram Angela Lee Dibiayai Pacarnya yang Jadi Kurir Narkoba Fredy Pratama

Selebgram Angela Lee menerima uang hingga ratusan juta dari kekeasihnya, Muhammad Najih (MNA) yang merupakan kurir gembong narkoba kelas kakap, Fredy Pratama.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2023