Muhibah DPR ke Negeri Arab Hasilkan Beberapa Kesepakatan

Kunjungan muhibah DPR RI ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab
Sumber :

VIVA.co.id – Kunjungan muhibah DPR RI ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab  dipimpin Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Tim Pengawasan TKI Fahri Hamzah selama sepekan sejak 15 hingga 21 Mei 2017 lalu, menghasilkan beberapa kesepakatan. Bahkan, kesepakatan itu melebihi ekspektasi semula yaitu pembahasan hanya di sektor ketenagakerjaan.

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

Di Arab Saudi, perhatian utama kunjungan adalah memastikan kelancaran amnesti TKI, yaitu periode pengampunan bagi TKI pelanggar imigrasi untuk pulang ke Indonesia dengan biaya sendiri. Fahri menyampaikan dampak langsung moratorium adalah jalur pengiriman TKI tak resmi menjadi marak.

“Ini yang harus kita jaga. Negeri-negeri seperti Arab Saudi makin serius menata sistem. RUU Perlindungan Pekerja Indonesia di Luar Negeri (PPILN) yang segera kita sahkan juga akan menyasar penguatan sistem mulai seleksi hingga TKI kembali ke lingkungannya,” ujar Wakil Ketua Bidang Korkesra itu.

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

Kunjungan muhibah DPR RI ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab

Dalam kesempatan itu, Delegasi DPR juga mengapresiasi kerja keras KJRI Jeddah. Karena KJRI Jeddah harus bekerja di tengah berbagai kendala lapangan seperti tes DNA untuk anak TKI yang memakan waktu lama, terbatasnya personil dan kendala biaya kepulangan pesawat yang harus TKI tanggung. Padahal, amnesti yang dimulai sejak 2013 akan berakhir tak lama lagi, yaitu Juni nanti.

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

Di Uni Emirat Arab, Delegasi DPR melakukan pertemuan kehormatan dengan pejabat parlemen yakni Wakil Ketua Parlemen Yang Mulia Marwan Ahmad dan kementrian tenaga kerja Yang Mulia  Omar Alnuami. Diantara 21 negara yang menerapkan moratorium pekerja informal, Negeri Emirat termasuk yang paling baik dalam mengelola TKI Indonesia. Shelter TKI juga sangat layak dan kondusif.

Disisi lain, delegasi berhasil membangun kesepahaman tentang perluasan hubungan yang masih terbatas antara UEA dengan Indonesia. Misalnya di bidang minyak dan energi, ada ruang pertumbuhan besar bagi kedua negara. Demikian pula di bidang aviasi, agama, sosial dan pendidikan.

Pada pertemuan dengan pejabat KBRI di Abu Dhabi, Sabtu (20/5/2017) lalu, DPR diminta mendukung penguatan hubungan dua negara. Esoknya, pertemuan menghasilkan sesuatu yang konstruktif.

Misalnya, Parlemen UEA akan meyakinkan pemimpin negeri itu agar bisa segera menyambangi Indonesia. Sejak kunjungan Presiden Joko Widodo tahun 2015 ke tiga negara Arab dan teluk berpengaruh, yaitu Saudi Arabia, Qatar dan Uni Emirat Arab, yang melakukan kunjungan balasan baru Raja Salman dan Emir Qatar Syeh Tamim bin Hamad Al Thani nanti pada bulan Oktober 2017.

Sementara itu pihak Kementerian SDM UEA menyampaikan bahwa kebutuhan pekerja sektor formal yang ‘skilled & professional’ UEA masih sangat besar. Indonesia diminta menyiapkan prosedur seleksi dan pengiriman pekerja yang makin baik agar dapat mensuplai sesuai kebutuhan standar negeri itu.

Salah satu Delegasi DPR Akbar Faizal di satu sisi menyoroti persoalan yang membelit TKI karena PJTKI nakal dalam perekrutan dan pengiriman.

“BNP2TKI harus serius mengurusi permasalahan buruh migran, peran kedubes dan konsulat RI agar fokus pada diplomasi,“ kata politisi F- Nasdem itu.  (webtorial

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya