Waspada, ISIS Filipina Bisa Masuk ke Indonesia

Ilustrasi-Militan ISIS
Sumber :
  • REUTERS/Stringer/File Photo

VIVA.co.id – Baku tembak antara tentara Filipina dan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Kota Marawi, telah menyebabkan ruang gerak kelompok teroris itu semakin sempit.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Menurut Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin, kondisi ini harus diwaspadai karena kemungkinan besar kelompok ISIS masuk ke Indonesia.

"Khawatirnya mereka masuk Indonesia, mengingat Filipina berbatasan langsung dengan Indonesia," kata Hasanuddin, Jumat, 26 Mei 2017.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Tubagus Hasanuddin menuturkan, kelompok ISIS Filipina sangat mudah mendapatkan akses untuk masuk ke Indonesia. Sebab, mereka memiliki korelasi kuat dengan kelompok militan yang ada di Indonesia.

"Bisa dilihat dari adanya tiga WNI terafiliasi ISIS yang tewas dalam bentrokan bersenjata melawan militer Filipina di Pulau Mindanao pada April 2017," ujar Hasanuddin. 

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Karena pertimbangan ini, pemerintah diminta melakukan langkah-langkah dalam mengantisipasi aksi teror yang dilakukan ISIS. Salah satunya kata dia, pihak imigrasi harus meningkatkan pengawasan terhadap warga negara asing yang masuk wilayah Indonesia. 

"Pihak imigrasi harus meningkatkan pengawasan terhadap warga negara asing yang masuk Indonesia, dan WNI yang kembali ke Tanah Air," kata dia.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Republik Islam Iran mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap anggota kelompok terorisme Islamic State atau ISIS yang merencanakan serangan di negara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024