11 Pendakwah Indonesia Terjebak Perang ISIS di Kota Marawi

Asap hitam membumbung di tengah pemukiman warga kota Marawi.
Sumber :
  • Reuters/Erick de Castro

VIVA.co.id – Kepolisian Republik Indonesia belum bisa memastikan kabar tentang tewasnya seorang warga Indonesia dalam baku tembak antara kelompok ISIS dengan tentara Filipina di Kota Marawi.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Menurut Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto, kepastian tentang kematian WNI itu belum bisa didapatkan. Karena perwakilan pemerintah Indonesia di Filipina belum bisa memasuki Kota Marawi, akibat situasi yang belum kondusif dan masih terjadi baku tembak.

"Tapi itu perlu pendalaman lagi karena situasi masih tidak menentu di Marawi. Kemudian otoritas perwakilan Indonesia di sana belum bisa menjangkau. Mungkin memerlukan waktu," kata Setyo Wasisto di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 29 Mei 2017.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Setyo mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima Mabes Polri, memang ada 11 WNI yang masuk ke Kota Marawin dan data diri mereka juga sudah di tangan kepolisian.

"Berdasarkan data dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia, ke sebelas orang ini masuk ke daerah Filipina secara legal. Mereka izinnya berdakwah dan tidak masuk dalam kelompok yang sekarang sedang bertempur," kata Setyo.

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Setyo mengatakan, pemerintah sedang berupaya memulangkan 11 WNI yang terjebak di Kota Marawi. "Sekarang sedang diupayakan supaya bisa segera dipulangkan ke Tanah Air," ujar dia menyudahi.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Republik Islam Iran mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap anggota kelompok terorisme Islamic State atau ISIS yang merencanakan serangan di negara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024