Arteri Utara Jabar Bisa Dilalui Pemudik pada H-14

Pekerja memasang rambu jalan di Kersamanah, Garut, Jawa Barat, Selasa (30/5/2017). Penambahan rambu di jalur selatan Jawa Barat ini untuk kesiapan arus mudik Lebaran 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id - Jalur arteri kawasan utara Jawa Barat ditargetkan dapat dilalui pemudik pada H-14 atau 14 hari sebelum Lebaran Idul Fitri 2017. Jalur itu di antaranya kawasan pantai utara Jawa dan sekitarnya yang kini dioptimalkan dengan pemeliharaan jalan dan pemasangan rambu serta lampu lalu lintas.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik, jalur arteri di utara kini bisa dilalui bus angkutan umum meski pemeliharaan jalan masih berlangsung.

"Diharapkan pada H-14 sudah baik pemeliharaan dan penerangan jalannya. Seperti sekarang juga bus ekonomi masih melintas ke sana," kata Dedi di Bandung pada Kamis, 1 Juni 2017.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Untuk mengantisipasi kepadatan saat arus mudik, Dinas Perhubungan mengoptimalkan rekayasa dan pengalihan arus lalu lintas di jalur-jalur pokok yang rawan, di antaranya Kilometer 72 dan Kilometer 66.

Pengalihan arus di jalur utara bisa dilakukan jika kepadatan sulit diurai. Jalur yang ditargetkan menjadi pengalihan arus adalah selatan dengan antisipasi penjagaan di Tol Cileunyi, Nagreg, dan Limbangan Kabupaten Garut.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

"Tinggal kesiapannya di Cileunyi, Nagreg, dan sekitar Limbangan. Kita sudah antisipasi kemacetan di pasar tumpah, SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum), kita sudah ada antisipasi di lapangan," katanya.

Kesiapan infrastruktur pendukung arus mudik di jalur arteri se-Jawa Barat terus dilakukan dengan target rampung pada H-14 Lebaran. Dinas menyiapkan skenario memasang rambu-rambu penunjuk arah jika target itu tak terpenuhi.

Dedi mengklaim, semua lampu lalu lintas di Kadipaten, Jatiwangi, Palimanan, dan Ciamis sudah diperbaiki. "Yang penting bisa terang di jalan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya