Mudik Lebaran, Bandara Adi Sutjipto Buka hingga Pukul 24.00

Bandara Adisutjipto Yogyakarta saat sempat ditutup karena cuaca buruk
Sumber :
  • VIVA.co.id/Berton Siregar

VIVA.co.id – Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta akan menambah jam operasional saat arus mudik dan balik Lebaran 2017. Bandara akan buka sejak pukul 05.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, penambahan jam operasi akan berlaku mulai 15 Juni 2017. Tujuannya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan mencapai 20 persen.

"Atas kesepakatan Lanud dan Airnav, kami akan tambah jam operasi dari sebelumnya pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB menjadi 05.00 WIB sampai 24.00 WIB," kata Agus di kantornya, Sabtu 3 Juni 2017.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Penambahan jam operasi ini diharapkan bisa dimanfaatkan maskapai untuk membuka rute tertentu di atas jam 21.00 WIB. Selain itu, sebagai alternatif untuk mengurangi kepadatan pada jam-jam sibuk.

"Penumpang bisa beralih dari Golden Time (jam padat) menjadi di atas jam 21.00 WIB atau justru pagi sekalian jam 05.00 WIB," ucap Agus. 

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Selain menambah jam operasi, otoritas bandara tersebut juga menyiapkan tambahan personel sebanyak 116 orang. Mereka akan bekerja mulai 15 Juni, bersamaan dengan penambahan jam operasi bandara. 

Sebanyak 116 personel tersebut untuk membantu mengurai kepadatan penumpang di bandara saat arus mudik. Terlebih saat puncak arus mudik Lebaran yang diperkirakan terjadi pada H-7 hingga H-3. 

"Harapannya seluruh penumpang yang tiba maupun meninggalkan Yogyakarta bisa terlayani dengan baik," tuturnya.

Agus menuturkan, jika penambahan jam operasi ini sukses, akan dipermanenkan seterusnya. Otoritas Bandara Adi Sutjipto akan mengevaluasi usai Lebaran nanti.

"Rencana akan kami permanenkan, tapi nunggu evaluasi dulu," kata dia.

Laporan: Andri Prasetiyo, kontributor tvOne-Antv/Sleman Yogyakarta 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya