Tol Brebes-Batang Tersambung, H-10 Lebaran Siap Dilintasi

Jalan tol fungsional di Kabupaten Batang, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menegaskan ruas jalan tol Brebes hingga Batang telah resmi tersambung dan siap dilalui kendaraan pemudik pada H-10 Lebaran Idul Fitri 2017. Ruas tol di jalur Pantai Utara itu akan digunakan secara fungsional khusus kendaraan ringan. 

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sri Puryono memastikan, tersambungnya ruas Brebes-Batang akan mengurai kemacetan yang sebelumnya berada di exit tol Brebes Timur (Brexit) pada arus mudik tahun lalu.

"Kemarin saya sudah (cek semua) mulai dari Kendal, saya sudah sisir ini semua. Pada garis besarnya sudah siap secara fungsional dari Brexit Brebes sampai ke Gringsing," kata Sri Puryono, Sabtu 3 Juni 2017. 

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Dalam tinjauannya, rombongan mengecek ruas Semarang-Batang, lokasi exit tol terakhir berada di Gringsing. Kemudian rombongan juga meninjau ruas Batang-Pemalang, dan Pemalang-Pejagan, serta terakhir di pintu exit tol Brebes Timur.

Selain itu, pemasangan jembatan layang atau girder di wilayah Kandeman, Batang juga telah selesai seratus persen. Kondisi itu dipastikan akan semakin menambah kelancaran ruas tol fungsional di wilayah Batang. 

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

"Flyover di atas jalan Pantura di Kandeman Batang juga sudah siap,” paparnya.

Sri Puryono menyatakan, kesiapan ruas tol Brebes-Batang juga akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Seperti rambu-rambu lalu lintas dan penerangan jalan. Fasilitas tersebut kini masih dikebut Dinas Bina Marga dan Dinas Perhubungan hingga H-10 Lebaran nanti. 

"Persiapan jalan tol menjelang arus mudik Lebaran ini menjadi prioritas agar masyarakat yang ingin pulang kampung dapat dilayani dengan baik," ujarnya. 

Meski masih beroperasi fungsional selama arus mudik Lebaran 2017, jalan tol Brebes-Batang telah dilengkapi rest area atau kawasan untuk beristirahat di sejumlah titik. Khusus tol Batang-Weleri, kawasan istirahatnya dibangun fungsional di dua lokasi, yakni di STA 391+400 Kedawung, Batang serta rest area Wangunrejo STA 402+700.

Di lokasi ini, akan dilengkapi fasilitas istirahat, tempat ibadah, toilet hingga fasilitas pendukung lain.

Selain kelengkapan kawasan istirahat, Jasa Marga juga menyiapkan sejumlah jalur exit tol sementara untuk antisipasi pemudik yang mengalami keadaan darurat, misal, sakit atau kehabisan bahan bakar.

"Exit tol ini juga sifatnya sementara. Salah satunya ada di Kedungsegog yang merupakan jalur perkebunan," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang, Saut Simatupang baru-baru ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya