Bandara Adi Sutjipto Tambah 8 Penerbangan Saat Mudik Lebaran

Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andri Prasetiyo/tvOne

VIVA.co.id – Guna mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran, Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta menambah delapan penerbangan atau extra flight. Dari jumlah itu, rute terbanyak masih didominasi tujuan Jakarta maupun sebaliknya.

Maskapai Pesawat Terbesar di Timur Tengah Buka Kembali Rute Penerbangan Setelah Serangan Iran

"Sampai saat ini kami sudah menambah delapan extra flight, di antaranya Air Asia, Sriwijaya, Nam Air, dan Citilink," kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, Sabtu 3 Juni 2017.

Maskapai Citilink, mulai 16 Juni 2017 melayani rute Cengkareng Jakarta-Yogyakarta maupun sebaliknya. Maskapai Nam Air melayani rute Yogyakarta-Pontianak dan sebaliknya, mulai 9 Juni-11Juli 2017.

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

Untuk maskapai Sriwijaya Air ada empat rute yang dilalui, yakni Yogyakarta-Bandar Lampung, Yogyakarta-Jakarta, dan dua rute Yogyakarta-Ujung Pandang. Semuanya dimulai 9 Juni hingga 11 Juli 2017.

Sementara itu, maskapai Air Asia akan melayani dua rute yang semuanya tujuan Yogyakarta-Jakarta, mulai 9 Juni hingga 9 Juli 2017. Jumlah delapan extra flight ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya empat penerbangan tambahan.

Penembakan di Bandara Internasional Kuala Lumpur: Bodyguard Luka Parah, Pelaku Kabur

Jumlah ini kemungkinan masih bisa bertambah karena belum semua maskapai mengumumkan penambahan penerbangan. Salah satunya Lion Air, yang masih menunggu pengajuan extra flight.

"Kami sudah koordinasi dengan seluruh maskapai, salah satunya Lion Air yang sedang mengajukan 13 extra flight," ucapnya.

Dengan adanya extra flight sebanyak itu, jumlah pengguna jasa transportasi udara di Bandara Adi Sutjipto diperkirakan meningkat tajam. Apalagi saat arus mudik Lebaran nanti, jam operasional bandara juga ditambah dari sebelumnya 06.00-21.00 WIB menjadi 05.00-24.00 WIB. Agus bahkan memprediksi kenaikannya bisa mencapai 16 hingga 20 persen.

"Tahun ini saya perkirakan lebih dari 29.000 penumpang, tahun lalu sekitar 23.500 orang," katanya.

Laporan: Andri Prasetiyo, kontributor tvOne-Antv/Sleman Yogyakarta 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya