Gunung Marapi di Sumbar Meletus, Warga Diminta Waspada

Erupsi yang terjadi di Gunung Marapi di Sumatera Barat, Minggu (4/6/2017)
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA.co.id – Gunung Marapi yang berada di kawasan Koto Baru, Padang Panjang, Sumatera Barat, Minggu 4 Juni 2017 mengalami erupsi. Sejak pukul 10.01 WIB, Petugas Pos Gunung Api (PGA) Marapi Sumbar mencatat sedikitnya ada dua kali letusan yang disertai abu vulkanik ke arah timur.

Geger Pulau Baru Tiba-tiba Muncul di Jepang, Hal Ini Jadi Pemicunya

Petugas Pos Gunung Api (PGA) Marapi, Hartanto, mengatakan letusan pertama terjadi pada pukul 10.01 WIB dengan amplitudo mencapai 6 milimeter tinggi dengan kolom abu vulkanik 300 meter. Selain itu, terjadi gempa selama 35 detik.

Pada pukul 10.22 WIB, lanjut Hartanto, kembali terjadi letusan dengan amplitudo 4 milimeter dan ketinggian kolom abu vulkanik mencapai 700 meter dan gempa selama 22 detik.

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Setinggi 2,5 Km

"Hingga saat ini, ada dua kali letusan. Untuk status Gunung Marapi berada dalam level II waspada," kata Hartanto, Minggu, 4 Juni 2017.

Kendati demikian, Hartanto mengimbau masyarakat dan pengunjung atau pendaki agar menjauhi puncak kawah gunung Marapi hingga radius 30 kilometer. Untuk arah sebaran abu vulkanik, Hartanto menjelaskan hingga saat ini terpantau menuju ke arah timur atau ke Kabupaten Tanah Datar.

Gunung Berapi Shiveluch di Rusia Meletus, Ganggu Penerbangan

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak dari erupsi Gunung Marapi tersebut. Sementara aktivitas masyarakat setempat sampai sekarang masih normal. (one)

Gunung Berapi bawah laut.

Menguak 7 Gunung Berapi Bawah Laut di Indonesia

Gunung berapi tidak hanya tersebar di daratan Indonesia, tapi juga lautan. Gunung berapi aktif dibagi menjadi tiga tipe.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023