Berantas Uang Palsu, Polri Gandeng Bank Indonesia

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Polri bersama dengan Bank Indonesia melakukan kerja sama untuk mengatasi masalah keuangan yang ada di Indonesia.

MUI dan NU Kabupaten Malang Nilai Wajar Kepercayaan Polri Meningkat, Ini Sebabnya

Untuk tujuan tersebut, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo melakukan video conference dengan para kepolisian daerah di seluruh Indonesia. Video conference juga dilakukan dengan para pemimpin cabang Bank Indonesia yang ada di setiap provinsi.

"Ada beberapa hal yang kami bahas dalam video conference ini. Pertama adalah masalah pengelolaan uang rupiah. Khususnya kasus pemalsuan uang rupiah. Jadi sudah ada beberapa kasus yang diungkap dan kemudian sudah ditangkap pelaku-pelakunya," kata Tito di gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin 5 Juni 2017

Kabareskrim Dinilai Punya Peran Tingkatkan Kepercayaan Terhadap Polri

Tito menyebut Polri telah mengungkap sebanyak 111 kasus dalam peredaran uang palsu pada 2016. Dari kasus tersebut, Polri mendapati tersangka sebanyak 246 orang. 

"Pak gubernur (BI) juga harapkan, kami optimalkan pengungkapan kasus-kasus ini supaya tidak ada uang rupiah palsu yang beredar di Indonesia," ujar Tito.

Indikator: Approve Rating Kepercayaan Terhadap Polri Mulai Naik

Selanjutnya dalam video conference juga membahas mengenai kewajiban penggunaan uang rupiah yang harus diterapkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Ini ada undang-undangnya dan ini menyangkut kedaulatan uang rupiah. Ada beberapa polda yang sudah melakukan gebrakan. Polda Kepulauan Riau, Polda Bali, kami tentunya berharap uang rupiah di dalam wilayah Indonesia berlaku uang rupiah, jangan berlaku uang asing sebagai mata uang transaksinya ini," kata Tito. (one)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo RDP dengan Komisi III

Apresiasi Kinerja Polri 2023, Analis Intelijen: Masyarakat Merasa Puas

Visi Polri Presisi yang digaungkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat pertama kali menjabat bukanlah slogan semata. Tahun ini, kerja keras tersebut menuai hasil.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2023