Banjir Bandang Garut Sapu Kendaraan yang Parkir di Jalan

Ilustrasi banjir bandang.
Sumber :
  • diki hidayat/GARUT

VIVA.co.id – Ratusan rumah di Garut, Jawa Barat, kembali terendam banjir bandang. Banjir di Jalan Raya Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut ini menggenangi badan jalan hingga menyeret kendaraan yang terparkir di pinggir jalan. Warga yang panik terpaksa keluar rumah sambil melihat ketinggian air yang terus meninggi.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Basarnas yang diterjunkan ke lokasi langsung mengevakuasi warga yang rumahnya terendam. Bukan hanya di Kecamatan Tarogong Kaler, bencana banjir bandang dari luapan anak-anak sungai di Garut juga merendam ratusan permukiman di wilayah Gordah, Kecamatan Tarogong Kidul.

Air di wilayah ini memang sudah mulai surut pasca air bah setinggi satu meter yang sempat merendam permukiman warga mulai pukul 23.00 WIB hingga dini hari tadi.

Lebih dari 13.000 Orang Dievakuasi di Kazakhstan karena Banjir

Warga yang menjadi korban banjir bandang pun terpaksa menjalankan sahur dengan kondisi seadanya. Sebab, perabotan rumah tangga dan memasak rusak serta tidak bisa digunakan akibat terendam banjir.

"Kami terpaksa sahur dengan lauk seadanya karena peralatan dapur tidak bisa digunakan," kata salah satu warga bernama Yayat, Selasa 6 Juni 2017.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Sementara itu, Danramil Tarogong, Kapten Jaja mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini. "Diduga banjir bandang ini diakibatkan curah hujan yang tinggi yang tak bisa ditampung anak-anak sungai yang tersebar di Garut," ujarnya.

Taufiq Hidayah / Garut

Warga melihat kondisi pascabanjir lahar dingin atau 'Galodo' dari Gunung Marapi menerjang Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam, Sumatera Barat, Jumat (5/4/2024). Banjir lahar dingin ini menerjang kawasan pemukiman dan memutus ruas jalan Bukitti

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

Banjir lahar dingin Gunung Marapi atau yang disebut 'Galodo' oleh warga setempat menerjang beberapa daerah di lereng Gunung Marapi, Sumatera Barat.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024