Tol Gringsing Siap Dilalui, Pemudik Diminta Batasi Kecepatan

Ruas tol fungsional Brebes - Batang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Ruas tol Brebes Timur hingga Gringsing Batang, Jawa Tengah, dipastikan dapat dilalui kendaraan saat arus mudik tahun ini. Namun, polisi mengimbau agar pemudik bisa memperhatikan kecepatan kendaraan saat melintas di tol yang masih beroperasi sementara tersebut.

5 Fakta Jembatan Putus di Brebes Akibat Terjangan Deras Arus Sungai

"Pemudik yang lewat tol Brebes-Gringsing diharapkan kesadarannya, agar bisa mengendalikan kecepatan maksimal 40 km per jam," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Djarod Padakova, Selasa 6 Juni 2017.

Menurut Djarod, imbauan itu penting agar pemudik bisa berhati-hati saat melewati ruas tol tersebut. Sebab, jalan tol itu statusnya masih fungsional untuk arus mudik dan balik lebaran saja. Di area kanan-kiri jalan tol fungsional itu pun belum dibangun jalur penyelamat. "Jadi harus hati-hati karena badan jalan kanan kiri di tol masih kondisi tanah," ujarnya. 

PPKM Brebes Masih Level 4, Ganjar: Karena Tidak Disiplin

Polda Jawa Tengah telah mengecek kesiapan tol Brebes-Batang pada Senin, 5 Juni 2017. Tim dipimpin langsung Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Condro Kirono, dirlantas Polda Jawa Tengah, kabag operasional Polda Jawa Tengah dan bagian Humas Polda. Beberapa perwakilan pelaksana jalan tol ikut dalam kunjungan tersebut.

Djarod menambahkan, untuk ruas dari Brebes Timur sampai Pemalang dipastikan bisa dilalui dua jalur kendaraan. Sementara dari Pemalang hingga Grinsing Batang hanya satu jalur yang dapat digunakan. 

Sadis, Driver Ojol Dianiaya dan Dibakar Lalu Dibuang di Fly Over

Kondisi ruas jalan tol sepanjang 110 kilometer itu masih berupa perkerasan beton tipis atau lean concrete setebal 10 sentimeter. Jalan tol fungsional itu dipastikan akan sampai Gringsing di Kabupaten Batang. 

Dari Gringsing, kendaraan pemudik akan menuju ke jalan nasional Pantura Kendal sepanjang 25 kilometer sampai di Kaliwungu. Selepas Kaliwungu, pemudik bisa kembali melewati tol fungsional Kaliwungu hingga Semarang. (ren)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo merenovasi kader PDIP di Brebes

Ganjar Pranowo Bantu Renovasi Rumah Kader Sepuh PDIP di Brebes

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merenovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Pasar Batang, Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2022