Ada Penumpang Gelap Lion, Kemenhub Usut Keamanan Kualanamu

Ilustrasi/Maskapai Lion Air
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menurunkan tim dari Direktorat Keamanan Penerbangan ke Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, untuk mengusut penumpang gelap yang menyusup ke dalam kabin pesawat Lion Air.

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

"Kami hari ini telah mengirimkan tim inspektur Direktorat Keamanan Penerbangan untuk melihat titik lemah keamanan dan bagaimana  oknum tersebut bisa masuk terminal bandara dan pesawat. Juga akan diinvestigasi apakah ada  kelalaian personal di lapangan atau tidak," kata Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso, Selasa, 6 Juni 2017.

Menurut Agus, tim investigasi itu akan memeriksa operator bandar udara dan maskapai penerbangan serta penumpang gelap yang menyusup ke kabin.

Integrasikan SDM, 16 Universitas di Indonesia Gelar MoU dengan Lion Air Group

Agus mengatakan, seharusnya area bandara steril dari orang-orang yang tak berkepentingan. Karena, area bandara harus benar-benar terjaga keamanannya.

Terkait penyusupan ini, Agus menyatakan tidak akan segan memberikan sanksi kepada personel di lapangan jika dari hasil investigasi terbukti melakukan kesalahan. Baik itu dari pihak pengelola bandara maupun maskapai penerbangan.

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

"Setiap personel penerbangan sudah tersertifikasi sesuai kompetensi masing-masing. Mereka harus menjalankan tugasnya sesuai SOP. Jika dilanggar maka akan dikenakan sanksi," ujarnya.

Seperti diketahui, pada Minggu, 4 Juni 2017, seorang pria berinisial AF (40 tahun) diamankan petugas setelah kepergok menumpangi pesawat Lion Air secara tak resmi. Dia berhasil masuk ke dalam kabin pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 384 tujuan Jakarta di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), meski tidak memiliki  boarding pass.

Berdasarkan informasi sementara, warga Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan itu bisa melewati pemeriksaan di Security Chekpoint (SCP) dengan cara menyelinap saat penumpang lainnya menggunakan boarding pass, untuk melewati pintu barkode. AF mengelabui petugas keamanan dan selanjutnya berjalan menuju Gate 8 Terminal Keberangkatan Domestik.

AF berhasil masuk ke kabin pesawat setelah memanfaatkan kelengahan petugas boarding Lion Air  yang sedang sibuk memeriksa bagasi penumpang lainnya.

Pada saat proses boarding berlangsung tersebut kru kabin menanyakan boarding pass ke penumpang tetapi penumpang tersebut tidak dapat menunjukkan boarding pass.  Lalu AF diamankan petugas keamanan dan diserahkan ke markas Polsek Beringin untuk diproses hukum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya