Mudik Lebaran 2017

Ada Bengkel Berjalan di Tol Brebes- Gringsing

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengecek kesiapan jalur mudik terutama di Tol Brebes Timur menuju Gringsing Batang, Jawa Tengah, pada Rabu, 7 Juni 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Pemerintah memastikan ruas tol Brebes Timur-Gringsing Batang siap digunakan pemudik pada H-10 Lebaran. Selain kesiapan infrastruktur, tol yang beroperasi sementara itu juga menyiagakan montir mobile atau bengkel berjalan untuk membantu pemudik yang kendaraannya mogok.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan montir mobile tersebut disiapkan khusus untuk melayani pemudik yang melewati ruas tol Brebes-Gringsing. Bengkel berjalan itu akan disiapkan oleh sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) bekerja sama dengan Polri.

"Jadi ada juga montir mobile. Kita sudah ATPM-ATPM untuk menyiapkan, " kata Tito saat meninjau ruas tol Brebes Timur- Gringsing di Jawa Tengah, Rabu 7 Juni 2017. 

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Ia menyebut, montir mobile tersebut bukanlah montir yang berhenti di suatu titik. Namun sistemnya, melalui call center khusus yang nantinya disosialisasikan kepada pemudik. Bagi pemudik yang mengalami kendaraan mogok dan butuh bantuan bisa langsung menghubungi nomor tersebut.

Layanan itu baru akan diumumkan dalam waktu dekat. "Kalau ada panggilan mereka datang membantu mobil-mobil yang mogok, " kata mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Dari PT Pertamina pun menyiapkan tangki-tangki bahan bakar di sejumlah rest area untuk melayani pemudik. Bahan bakar juga akan dilayani secara  mobile dengan model BBM kemasan, kaleng, plastik. 

Layanan mobile tak hanya untuk montir, pemudik juga akan terbantu dengan petugas kesehatan jika mengalami kondisi darurat.  "Petugas kesehatan yang mobile ini menggunakan sepeda motor. Mereka datang ke mobil membawa korban dirujuk ke Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat baik di Brebes maupun Kendal," tutur Tito.

Siapkan Helikopter

Selain itu, Polisi bekerja sama dengan Basarnas juga menyiagakan sejumlah helikopter untuk memantau perjalanan pemudik di wilayah Jawa Tengah. "Helikopter ini kita siagakan di Kendal dan Brebes baik dari Basarnas dan Polri, " ujarnya.

Meski begitu, Tito mewanti-wanti agar pemudik yang melewati tol Brebes-Gringsing untuk tetap berhati-hati dan mematuhi petunjuk petugas. Sebab tol sepanjang 110 kilometer tersebut akan dibuka selama 24 jam dan masih minim penerangan. 

"Makanya kita siapkan penerangan sementara. Kita juga gelar anggota kita sampai Gringsing. Kita siapkan pos-pos, baik di Gringsing dan Kaligangsa yang jadi titik macet. Pos ini beranggotakan mulai dari TNI, Polri, dan dibantu masyarakat," lanjut mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme itu. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya