Ramadan, Sandiaga Uno Ziarah ke Makam Gus Dur

Sandiaga Uno ziarah ke makam Gus Dur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal.

VIVA.co.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno, melakukan safari Ramadan di Jawa Timur selama dua hari ini, Sabtu sampai Minggu, 10-11 Juni 2017. Dia ziarah ke makam Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, dan sowan ke beberapa kiai di Jatim.

9 Omongan Nyeleneh Mantan Presiden Gus Dur yang Jadi Kenyataan

Sandi mengawali safarinya ke Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Pacet, Kabupaten Mojokerto, yang diasuh oleh KH Asep Saifuddin Chalim, pada Sabtu, 10 Juni 2017. Setelah itu dia beranjak ke Pondok Pesantren Tebu Ireng, Kabupaten Jombang.

Di pesantren yang didirikan oleh pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari ini, Sandi ditemani oleh pengusaha yang juga anak bungsu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Zaky Kalla. Mereka disambut oleh Pengasuh Pesantren Tebu Ireng, KH Salahauddin Wahid alias Gus Solah.

Muhaimin Usulkan NU dan Muhammadiyah Raih Nobel Perdamaian 2022

Di pesantren itu, Sandi mengisi diskusi kiat menjadi pengusaha sukses dengan peserta santri Tebu Ireng. Dia menyampaikan empat 'AS' sebagai kunci sukses. Yakni kerja ker-AS, kerja cerd-AS, kerja tunt-AS, dan kerja ikhl-AS.

"Kalau kita udah berusaha, ikhtiar kita bagus, kerjaan beres, nanti insya Allah, Allah bakal kasih kita rezeki," tutur pria 47 tahun itu.

Dukung Cak Imin Maju Capres, Cina Benteng: Murid Ideologis Gus Dur

Dia berharap banyak pengusaha lahir dari dunia pesantren. Industri kreatif direkomendasikan Sandi kepada para santri agar diisi.

Sementara itu, Gus Solah mengatakan bahwa Sandi bukan sosok asing baginya. Ayah Sandi adalah kawan karib Gus Solah.

"Ananda Sandi ini sudah pernah menginap di Tebuireng jauh sebelum Pilkada DKI Jakarta," tutur adik Gus Dur itu.

Setelah buka puasa bersama, Sandi bersama rombongan lalu ke kompleks makam keluarga Pesantren Tebu Ireng. Di sana, dia berziarah dan berdoa di makam KH Hasyim As'ari dan Gus Dur.

Sesuai jadwal, pada Minggu ini, 11 Juni 2017, Sandi melanjutkan safari Ramadannya dengan bersowan ke KH Cholil di Kabupaten Bondowoso. Siangnya, dia akan silaturrahim ke Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, lalu mengisi acara di Masjid Al Akbar Surabaya menjelang buka puasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya